Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Wisata Edukasi

Unik, 3 Ikan Ini Punya Corak Batik Lho! Semuanya Bisa Ditemukan di Indonesia!

Ternyata ada banyak ikan di dunia ini yang memiliki corak seperti kain kebanggaan kita, yakni kain batik.

BizzInsight
Unik, 3 Ikan Ini Punya Corak Batik Lho! Semuanya Bisa Ditemukan di Indonesia!
Sea World Ancol
Corak batik pada Ikan Batik Oscar. 

TRIBUNNEWS.COM – Sebagai orang Indonesia, tentu kamu bangga dengan batik. Tapi ternyata tak hanya pada kain, gaun atau kemeja saja, keindahan batik kini bisa kamu temukan pada satu bintang laut yang lucu, yakni ikan!   

Yup, biota laut seperti ikan ternyata ada yang memiliki corak indah seperti batik. Misalnya ada ikan Batik Oscar.

Ikan Batik Oscar.
Ikan Batik Oscar. (Sea World Ancol)

Menurut majalahikan.com, ikan bernama latin Astronotus ocellatus ini berasal dari sungai Amazon dan tumbuh hingga ukuran 40 cm dengan umur 10 sampai 12 tahun.

Tak hanya cuma ikan Batik Oscar saja, ternyata ada ikan batik lain dengan corak indah, yakni ikan Discus.

Dari situs bobo.grid.id, ikan Discus adalah jenis ikan hias air tawar yang berbentuk pipih dengan corak indah seperti keindahan pola Batik Mega Mendung.

Ikan Discus.
Ikan Discus. (Sea World Ancol)

Memiliki nama latin symphysofon spp dan panjang 20-25 cm, uniknya ikan ini hidup berkelompok serta sangat sensitif dengan perubahan kualitas air dan suhu.

Kemudian ada ikan Mandarin. Ikan bernama latin Synchiropus splendidus ini memiliki panjang 8-15 cm dan berasal dari Samudra Pasifik, yakni dari Kepulauan Ryukyu sampai Australia.

Ikan Mandarin yang memiliki corak seperti Batik Pesisir.
Ikan Mandarin yang memiliki corak seperti Batik Pesisir. (Underwater Photography Guide)

Memiliki corak dan warna tubuh rupawan seperti Batik Pesisir yang berani akan warna, ikan ini ternyata memiliki kebiasaan yang unik, yakni suka bermain ‘petak umpet’ di antara habitatnya yang terdiri dari susunan terumbu karang bercelah.

Untuk melihat ketiga biota laut bercorak batik tersebut pun, kamu tak perlu jauh-jauh pergi hingga ke Amazon atau ke Australia, sebab di Indonesia, lebih tepatnya di Sea World Ancol, kamu bisa melihat ketiga jenis biota tersebut secara langsung lho!

Bisa ditemukan pada akuarium Aquascape Iwagumi dan akuarium Aquascpae Biotope, sekarang ini adalah waktu yang tepat bagimu untuk bertemu secara langsung dengan para ikan lucu dan bercorak indah ini.

Itu karena merayakan hari ditetapkannya batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO, pada tanggal 2 Oktober ini, Sea World mengadakan kegiatan menarik dan khusus untuk memeriahkan hari batik.

Bertemakan memperkenalkan Batik Terogong, Sea World Ancol akan memberikan edukasi tentang batik khas Betawi ini, kemudian mengadakan workshop bagi UMKM pengrajin Batik Terogong pada tanggal 6 dan 7 Oktober 2018.

Anak-anak pun tak akan merasa bosan sebeb mereka bisa membatik dalam akuarium khusus di dalam wahana baru Sea World Ancol, yaitu “Magic Aquarium”.

Kegiatan tersebut membuat mereka dapat mewarnai ikan-ikan dengan berbagai pola batik sesuai imajinasi mereka, hingga bisa berenang secara menyenangkan dan seru dalam aquarium ini.

Untuk tiket masuknya tak perlu khawatir. Sea World Ancol menyediakan program khusus pada bulan Oktober ini yakni Program Kids Free Ticket yang membuat pengunjung bisa membeli 2 tiket dan mendapatkan satu tiket free untuk anak-anak berusia 0-12 tahun.

Promo Sea World Ancol pada Hari Batik.
Promo Sea World Ancol pada Hari Batik. (Sea World Ancol)

Istimewanya lagi, jika datang sebelum jam 10, pengunjung dapat menikmati program Early Birds dan cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 65.000 saja!  Jadi lebih murah bukan?

Jadi tunggu apalagi, yuk berwisata sambil bermain dan beredukasi di Sea World Ancol!

Penulis: Firda Fitri Yanda

Ikuti kami di
Add Friend
  Loading comments...

Berita Terkait :#Wisata Edukasi

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas