Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Keluarkan Lava Pijar, Status Gunung Soputan di Minahasa Tenggara Naik Menjadi Siaga

Dengan naiknya status Gunung Soputan, Kepala PVMBG menghimbai masyarakat tidak melakukan aktivitas di seluruh area dalam radius 4 km dari puncak

Editor: Rizky Tyas Febriani
zoom-in Keluarkan Lava Pijar, Status Gunung Soputan di Minahasa Tenggara Naik Menjadi Siaga
Twitter.com/Sutopo_PN
Gunung Soputan 

TribunTravel.com/Gigih Prayitno

TRIBUNTRAVEL.COM - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Soputan, Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara dari level II (Waspada) menjadi level III (Siaga).

Dengan naiknya status Gunung Soputan, Kepala PVMBG menghimbai masyarakat tidak melakukan aktivitas di seluruh area dalam radius 4 km dari puncak

“Kami imbau masyarakat agar tidak beraktivitas di seluruh area di dalam radius 4 km dari puncak,” kata Kepala PVMBG, Kasbani, di Jakarta.

Dilansir TribunTravel dari Twitter Sekretariat Kabinet @setkabgoid penetapan naiknya status gunung Soputan mulai Rabu (3/10/2018) pukul 01.00 WITA.

"Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan geologi @KementerianESDM mulai Rabu (3/10) pukul 01.00 WITA meningkatkan Status Gunung Soputan (1804 mdpl), Provinsi Sulawesi Utara dari Level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga)," tulis @setkabgoid

Sebelumnya Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui Twitternya mengatakan terjadi guguran lava pijar menuruni lereng Gunung Soputan.

BERITA TERKAIT

Tidak ada korban jiwa dari kejadian ini dan masyarakat belum diperlukan untuk mengungsi.

Sutopo menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti semua rekomendasi dari PVMBB.

"Guguran lava pijar menuruni lereng Gunung Soputan di Sulawesi Utara pads 3/10/2018 pukul 23.25 WITA. Status Siaga (level 3). Tidak ada korban jiwa dan masyarakat belum perlu mengungsi. Tetap tenang. Ikuti semua rekomendasi PVMBG," tulis @Sutopo_PN

Diberitakan sebelumnya, berdasarkan keterangan dari BNPB, Gunung Soputan meletus pada Rabu (3/10/2018) pukul 08.47 WITA.

Pos Pengamatan Gunung Soputan PVMBG melaporkan tinggi kolom abu vulkanik teramati sekitar 4.000 meter di atas puncak kawah atau 5.809 m di atas permukaan laut.

BACA SELENGKAPNYA >>>

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas