Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pentas Kawasan, Atraksi Seni Virtual yang Suguhkan Potensi Wisata Kemantren Kotagede

Pementasan ini menghadirkan perpaduan musik elektronik lewat penampilan DJ Ari WVLV dan tarian tradisional, Dara Squad.

Pentas Kawasan, Atraksi Seni Virtual yang Suguhkan Potensi Wisata Kemantren Kotagede
dok.
Pertunjukan visual Pentas Kawasan menyajikan potensi pariwisata di wilayah Kemantren Kotagede. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebuah acara pertunjukan virtual untuk menarik wisatawan datang ke Yogyakarta digelar dengan tajuk Pentas Kawasan, menyajikan potensi pariwisata di wilayah Kemantren Kotagede.

Sebagai atraksi wisata, kali ini Pentas Kawasan mengangkat tema Suara Cahaya yang berarti setiap gerak kehidupan di wilayah Kemantren Kotagede memiliki makna.

Creative Director Pentas Kawasan, Ibnu Prabowo mengatakan, tema Suara Cahaya di pementasan ini visualisasinya akan diperkuat dengan permainan tata cahaya panggung serta sajian pementasan seni yang merupakan hasil kolaborasi antara seni tradisional dan modern.

“Untuk menyajikan destinasi serta potensi pariwisata di wilayah Kemantren Kotagede, konsep short movie dihadirkan dengan narasi-narasi yang juga akan membawa audience untuk menyelami makna dari tema itu sendiri,” kata Ibnu.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko, mengatakan ciri khas Kemantren Kotagede selama ini adalah eksotisme bangunan bersejarah serta keberadaan rumah-rumah tradisional
yang hingga kini keasliannya masih dipertahankan, dijaga dan dilestarikan.

Baca juga: Pelesiran ke Bandung, Jangan Lupa Nikmati Asyiknya Keliling Kota Naik Bandros

“Kemantren Kotagede juga kaya akan keberadaan para pengrajin khususnya pengrajin perak yang kemudian mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, sekaligus sebagai industri di sektor pariwisata yang mampu menjadi penopang ekonomi masyarakat,” ungkap Wahyu dalam keterangan pers tertulis, Jumat (18/6/2021).

Baca juga: 6 Tips Liburan Bersama Anak di Masa Pandemi: Jangan Lupa Ganti Masker dan Penutup Wajah

Pentas Kawasan dirancang sebagai atraksi seni budaya yang menyuguhkan hiburan bagi masyarakat, sekaligus  ajang untuk menggali potensi seni budaya serta destinasi wisata yang ada dis etiap Kemantren di wilayah Kota Yogyakarta.

Wahyu menyatakan, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta senantiasa mendorong eksistensi industri pariwisata di setiap Kemantren, khususnya di tengah Pandemi Covid-19 saat ini salah satunya lewat acara Pentas Kawasan yang digelar secara virtual dengan protokol kesehatan yang ketat,” kata Wahyu.

Short movie diperankan oleh aktor kawakan Kota Yogyakarta, Susilo Nugroho (Den Baguse Ngarso) dan
talenta muda berbakat Blasia Tyas Unandika yang berperan sebagai Sinar.

Sedangkan pementasan menghadirkan perpaduan musik elektronik lewat penampilan DJ Ari WVLV dan tarian tradisional, Dara Squad.

Kemudian perpaduan musik gamelan dan lagu pop lewat penampilan Gamelantic. Tak ketinggalan penampilan tari klasik dari Sanggar Sekar Beksa.

Pentas Kawasan #2 akan tayang perdana pada 21 Juni 2021 mulai pukul 16:30 WIB di kanal
youtube Pemkot Yogyakarta dan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas