Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunNews | PON XX Papua
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Di Indonesia Aja

7 Rekomendasi Spot Staycation Hidden Gem #DiIndonesiaAja, Bikin Liburan Makin Berkesan!

Di Indonesia banyak tempat staycation menarik bisa kamu kunjungi saat solo traveling atau liburan bareng keluarga.

BizzInsight
7 Rekomendasi Spot Staycation Hidden Gem #DiIndonesiaAja, Bikin Liburan Makin Berkesan!
Shutterstock
Ilustrasi staycation. 

TRIBUNNEWS.COM - Jika situasi pandemi kian membaik nanti, mungkin kamu ingin merencanakan berlibur untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Nah, sementara ini kamu bisa berlibur dengan cara yang lebih simple, staycation bisa jadi pilihan liburan #DiIndonesiaAja yang tergolong simple dan menyenangkan, lho!

Di Indonesia banyak tempat staycation menarik bisa kamu kunjungi saat solo traveling atau liburan bareng keluarga. Enggak perlu jauh-jauh ke luar negeri, ya! Terlebih, di Indonesia banyak banget spot staycation yang belum dikunjungi banyak orang, alias hidden gem.

Di samping itu, sudah banyak hotel atau penginapan #DiIndonesiaAja yang menerapkan protokol kesehatan ketat dan mengantongi sertifikat CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), sehingga kamu tak perlu cemas saat menikmati momen staycation-mu kelak!

Pemberian sertifikat CHSE menjadi salah satu bentuk dari #InDOnesiaCARE, inisiatif Kemenparekraf untuk menjadikan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan sebagai prioritas utama, sehingga kelak sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat kembali semarak.

Berikut rekomendasi 7 spot staycation hidden gem yang bisa dimasukkan dalam bucket list kamu pada momen liburan mendatang. Untuk menemukan inspirasi staycation atau destinasi wisata lainnya, follow akun Instagram @pesonaid_travel, ya!

Nikoi Island Resort, Bintan, Kepulauan Riau

Pulau Nikoi.
Pulau Nikoi. (indonesia.travel)

Pulau Nikoi merupakan pulau private seluas 15 hektare yang berjarak 8 kilometer di lepas pantai timur Bintan, Indonesia. Dikelilingi pantai berpasir putih yang berkilauan dan terumbu karang warna-warni, destinasi ini menjadi pilihan tepat untuk menenangkan diri dari seluruh kesibukan sehari-hari.

Ditambah lagi garis pantai yang bertabur batu granit putih menjadi pemandangan yang begitu memanjakan mata. Kamu bisa menginap di berbagai resor yang tersedia di dekat pantai.

Tak hanya sekadar menginap, kamu bisa menjajal berbagai kegiatan seru di Pulau Nikoi. Mulai dari sesi relaksasi, berenang, berlayar, snorkeling, menyelam, menjelajah alam, selancar angin, stand up paddle boarding, kayak, tenis, hingga island hopping. Dijamin seru!

Pulau Macan Eco Village & Resort, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Tinggalkan sejenak ingar bingar ibu kota dan melipir sedikit ke Kepulauan Seribu! Hanya naik perahu selama 2,5 jam dari Marina Ancol, Jakarta Utara, kamu bisa menemukan surga staycation, yaitu Pulau Macan.

Pulau Macan, Jakarta
Pulau Macan, Jakarta (indonesia.travel)

Di Pulau Macan Eco Village & Resort kamu bisa dapatkan pengalaman staycation dengan paket lengkap! Dikelilingi laut biru yang jernih dan langit terbuka, kamu tak hanya bisa menikmati pemandangan pulau yang menakjubkan, tetapi bisa juga berenang, scuba diving, atau snorkeling!

Destinasi staycation ini dijamin 100% ramah lingkungan karena semua fasilitas yang beroperasi di resor ini menggunakan energi terbarukan, yaitu energi berasal dari alam seperti sinar matahari, angin, dan lain sebagainya.

R Hotel Rancamaya, Bogor, Jawa Barat

Bogor memang kerap menjadi destinasi liburan pilihan keluarga karena lokasinya yang juga dekat dengan Ibu kota. Di kota hujan ini, kamu dan keluarga dapat melakukan staycation di R Hotel Rancamaya, Bogor.

R Hotel Rancamaya Bogor.
R Hotel Rancamaya Bogor. (instagram.com/rhrancamaya)

Penginapan ini berlokasi di tengah perkebunan dan pedesaan yang menyegarkan, serta dilengkapi juga dengan berbagai fasilitas mewah, seperti lapangan tenis, pusat kebugaran, meja biliar, kolam renang, spa, dan R Kids Club.

Jika memilih menginap di R Hotel Rancamaya, Bogor, kamu juga bisa menikmati fasilitas eksklusif, yakni lapangan golf termewah di Indonesia yang bernama Rancamaya Golf and Country Club.

Omah Kecebong Guest House, Yogyakarta

Guest House Omah Bamboe.
Guest House Omah Bamboe. (omahkecebong.com)

Ingin merasakan tinggal di rumah tradisional asli Yogyakarta sekaligus menikmati sajian makanan-makanan lokal khasnya? Staycation di Omah Kecebong Guest House, Yogyakarta, adalah jawabannya.

Spot staycation hidden gem yang satu ini merupakan tempat penginapan tradisional yang dikelilingi pemandangan hijau nan asri dan akan memberikanmu pengalaman tinggal di lingkungan masyarakat Jawa yang ramah dan berbudaya.

Eits, meski berkonsep tradisional, Omah Kecebong Guest House tetap menyediakan fasilitas lengkap seperti televisi layar datar, Wi-Fi gratis, AC, serta garden view yang memanjakan mata, lho!

Capella Ubud, Bali

Capella Ubud, Bali.
Capella Ubud, Bali. (capellahotels.com)

Ingin menikmati staycation seraya menyatu dengan alam namun dengan pelayanan modern? Capella Ubud, Bali, siap menyambutmu. Resort ini letaknya tersembunyi di dalam hutan hujan eksotis Ubud yang begitu memesona bak surga dunia.

Kamu bisa menginap di salah satu dari 22 tenda luas atau pondok dua kamar tidur yang tersedia. Penginapan ini menawarkan pemandangan alam nan teduh, rimbun, serta menyejukkan. Tak salah jika spot staycation hidden gem yang satu ini juga cocok untuk self-healing.

Lavella Villas, Mandalika, Nusa Tenggara Barat

Lavella Villas, Mandalika.
Lavella Villas, Mandalika. (indonesia.travel)

Memiliki arsitektur yang unik serta berjarak kurang dari satu kilometer dari Pantai Kuta, Lombok, penginapan Lavella Villas jadi pilihan lokasi staycation yang spesial.

Meskipun lokasinya sedikit masuk ke dalam gang, tetapi fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap seperti kamar yang luas, taman, pemandian air hangat, bar, dan juga wifi gratis.

Lavella Villas juga tersedia dalam dua pilihan penginapan yang terdiri dari apartemen dan bungalo, sehingga bisa disesuaikan dengan bujet dan kebutuhanmu menginap.

Nihi Sumba, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur

Nihi Sumba.
Nihi Sumba. (indonesia.travel)

Nihi Sumba salah satu resor yang pernah menyabet gelar sebagai Hotel Terbaik di Dunia versi majalah Travel Leisure pada tahun 2016 dan 2017.

Resor mewah yang ekslusif ini berada di tanah seluas 530 hektare dan berisi 33 vila. Dengan mengusung tema kembali ke alam, resor ini dibuat sealami mungkin, yakni dibangun di atas tebing dengan konsep vila tiga kamar berbentuk rumah pohon.

Nihi Sumba sudah dilengkapi fasilitas penunjang, seperti kolam renang pribadi dengan pemandangan menghadap ke laut lepas.

Hal yang tak kalah unik, saat menginap di sini kamu juga akan diajak untuk melakukan kegiatan sosial di sekitar area hotel guna membantu masyarakat lokal.

Nah, setelah mencatat beberapa spot staycation hidden gem di atas untuk dijadikan wish list berkunjung ketika keadaan telah membaik, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah memastikan kamu tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat ini dan selama liburan nanti. Selain itu, segera dapatkan vaksinasi Covid-19, ya! Sebagai upaya untuk membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity.

Terlebih, kini vaksinasi lengkap kerap menjadi syarat untuk menginap di hotel atau mengunjungi destinasi wisata #DiIndonesiaAja.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno turut memaparkan, akselerasi vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE menjadi salah satu strategi pariwisata dan ekraf yang dapat dilakukan untuk membantu menghidupkan geliat pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kunci untuk menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan sekaligus kebangkitan sektor parekraf adalah program vaksinasi dan protokol kesehatan. Ini yang akan terus kita lakukan. Sehingga ketika saatnya tiba, kita siap menyambut wisatawan,” ujar Sandiaga, dikutip dari siaran pers Menparekraf: Protokol Kesehatan dan Vaksinasi Jadi Kunci Pemulihan Sektor Parekraf, Selasa (7/9/2021).

Selain vaksinasi dan protokol kesehatan, Menparekraf juga telah menyiapkan lima langkah strategis untuk mendorong pemulihan ekonomi kreatif dan pariwisata.

Pertama, peningkatan kapasitas SDM yang berbasis pada kualitas dan berkelanjutan lingkungan. Kedua, revitalisasi destinasi dan infrastruktur ekraf. Ketiga, peningkatan resiliensi dan daya saing usaha, melalui pemberian insentif, akses permodalan, sertifikasi usaha, dan CHSE. Keempat, inovasi produk dan jasa yang lebih berkualitas dan berkearifan lokal. Kelima, pemulihan dan perluasan pasar, melalui program #BeliKreatifLokal, Bangga berwisata #DiIndonesiaAja, serta pemasaran produk ekraf. Berbagai strategi ini diharapkan dapat membangkitkan kembali geliat sektor pariwisata di Indonesia, semangat kebangkitan ini senada dengan momentum Hari Pariwisata Sedunia yang jatuh pada 27 September 2021 mendatang.

Yang tak kalah penting, saat staycation, jangan lupa untuk belanja oleh-oleh dengan #BeliKreatifLokal di daerah sekitar lokasi wisata, ya! Dengan begitu, kamu turut mendukung keberlangsungan hidup pelaku usaha di tanah air. Atau, jika belum bisa membeli secara langsung, kamu juga bisa #BeliKreatifLokal secara online melalui berbagai platform digital.

Sembari menanti waktu yang tepat untuk staycation, yuk ikutan kuis terbaru dari Pesona Indonesia bertajuk PUKIS, Pesona Punya Kuis. Kuis ini akan di-posting setiap hari Selasa dan berhadiah jutaan rupiah serta merchandise eksklusif Wonderful Indonesia.

Cara ikutannya juga mudah banget! Kamu cukup follow akun Instagram @pesonaid_travel, lalu like unggahan PUKIS terbaru dan jawab pertanyaan pada kolom komentar. Jangan lupa juga mention 3 teman dan ajak untuk ikutan kuis PUKIS. Semoga beruntung, ya!

Yuk, rencanakan staycation terseru dalam hidupmu di tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya!

Penulis: Nurfina Fitri Melina/Editor: Bardjan

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas