Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Nonton MotoGP Mandalika, Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Khas Lomboknya, Kakak!

Namun, yang tak boleh terlewatkan saat melancong ke Mandalika tentunya adalah belanja oleh-oleh khas Lombok.

BizzInsight
zoom-in Nonton MotoGP Mandalika, Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Khas Lomboknya, Kakak!
Shutterstock
Ilustrasi kain songket tenun Sasak. 

TRIBUNNEWS.COM - Gelaran MotoGP 2022 di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada 18-20 Maret mendatang adalah peluang emas untuk menyaksikan langsung para pembalap idolamu berlaga.

Tak kalah penting, pada saat bersamaan, kamu juga bisa menjelajah destinasi wisata indah di Mandalika yang merupakan salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Di sekitar Sirkuit Mandalika saja, kamu akan dimanjakan dengan atraksi wisata memukau seperti Pantai Seger, Bukit Merese, hingga Pantai Tanjung Aan.

Namun, yang tak boleh terlewatkan saat melancong ke Mandalika tentunya adalah belanja oleh-oleh khas Lombok. Sebab, Lombok memiliki produk ekonomi kreatif yang unik dan otentik, sangat jarang ditemukan di daerah lain.

Sebagai rekomendasi, berikut enam produk kreatif lokal khas Lombok yang wajib masuk wishlist kamu saat liburan ke Mandalika. Dengan #BeliKreatifLokal produk-produk khas Lombok, kamu juga berpartisipasi menghidupkan geliat pariwisata dan ekonomi kreatif masyarakat Lombok, lho!

Untuk rekomendasi produk ekraf lainnya dan konten seru dari #WonderFulIndonesia, yuk follow Instagram @pesonaid_travel atau akun TikTok @pesonaindonesiaofficial.

1. Perhiasan Mutiara

Ilustrasi mutiara Lombok
Ilustrasi mutiara Lombok (Shutterstock)
BERITA TERKAIT

Mutiara merupakan oleh-oleh termewah dari Lombok. Terlebih, Lombok juga dikenal sebagai wilayah penghasil mutiara laut.

Kamu bisa temukan berbagai souvenir perhiasan atau mutiara asli dari sebagian besar kawasan wisata di Lombok, yang mana kebanyakan dibuat langsung oleh penduduk asli setempat. Harganya dibanderol mulai puluhan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung model dan kualitas perhiasan.

Salah satu yang terkenal misalnya adalah mutiara dari jenama Prapti Mutiara Lombok, yang menawarkan kualitas 100 persen mutiara laut dilengkapi sentuhan material perak di setiap produknya.

2. Kain Tenun Sasak

Kain tenun sasak sudah diajarkan sejak dini.
Kain tenun sasak sudah diajarkan sejak dini. (indonesia.travel)

Kain tenun sasak merupakan kain tradisional khas Suku Sasak yang merupakan suku asli Pulau Lombok. Kualitas tenun Suku Sasak juga sangat baik dengan kerapatan benang yang padat.

Ini karena teknik menenun yang mengutamakan ketelitian yang membuat pengerjaan sehelai kain berukuran 60 x 200 cm memakan waktu 2 sampai 4 minggu.

Harga kain tenun Sasak yang asli bisa didapat mulai Rp 500.000 hingga Rp 2 juta per helai. Makin bagus motifnya dan halus teksturnya, makin mahal harganya. Sementara itu, hasil tenun dengan benang emas dijual dengan harga lebih mahal. Pokoknya, harus pintar-pintar menawar harga ya! Selain berupa kain lembaran, kamu juga bisa membeli tenun yang sudah dibuat menjadi kemeja, pasmina, syal hingga sarung.

3. Minyak Gosok Sumbawa

Ilustrasi minyak gosok.
Ilustrasi minyak gosok. (pexels.com)

Minyak gosok Sumbawa terbuat dari akar lawang dan rempah-rempah dengan aromanya yang sangat menenangkan.

Tersedia dalam berbagai macam ukuran, mulai dari botol 200 ml hingga botol 800-1000 ml, minyak gosok ini dapat digunakan untuk meringankan pegal-pegal, keseleo, rematik, hingga penyakit otot lainnya.

Sensasi akar lawang dan rempahnya juga bisa menghangatkan tubuh dan meringankan gejala masuk angin. Minyak gosok orisinal Sumbawa ini bisa didapat mulai dari harga Rp 30 ribu saja!

4. Madu Hutan Sumbawa

Ilustrasi madu hutan.
Ilustrasi madu hutan. (pixabay/fancycravet)

Madu hutan Sumbawa adalah madu kaya khasiat yang kerap diburu para pelancong yang berkunjung ke Lombok, tak terkecuali wisatawan yang ke Mandalika.

Mengutip situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, madu Sumbawa berasal dari lebah liar pengisap nektar bunga di hutan daerah Sumbawa. Ciri khas madu ini adalah memiliki kadar air yang lebih rendah dibanding daerah lain, sehingga teksturnya lebih pekat.

Melansir Kompas, disebutkan madu Sumbawa memiliki ragam khasiat, mulai dari mencegah penyakit jantung, mencegah tumor, hingga mengurangi risiko kanker. Harganya dibanderol mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 200.000 per botol.

5. Dodol Rumput Laut

Manisan rumput laut berupa dodol.
Manisan rumput laut berupa dodol. (instagram oleh_olehlombok)

Untuk yang suka camilan, jangan lewatkan manisan rumput laut yang juga oleh-oleh khas Lombok. Camilan ini biasa dijual di toko oleh-oleh atau kios yang terdapat di ngga cuma bandara.

Manisan rumput laut yang juga kerap disebut dengan dodol rumput laut dibuat dari tepung rumput laut, gula, dan buah-buahan asli Lombok. Dengan variasi rasa yang menarik, seperti nangka, mangga, semangka, hingga jinten hitam, dodol ini menawarkan rasa manis dan kenyal di mulut.

Dodol rumput laut ini bisa dibeli mulai harga Rp 10 ribu per kemasan dengan berat 200 gram.

6. Susu Kuda Liar

Ilustrasi susu kuda liar dituang ke botol.
Ilustrasi susu kuda liar dituang ke botol. (shutterstock/paul’s lady)

Sama seperti madu Sumbawa, susu kuda liar juga menjadi oleh-oleh khas Lombok yang tersohor. Dikemas dengan botol, susu kuda liar ini diolah dengan cara fermentasi alami, sehingga awet dan mudah dibawa bahkan lintas pulau.

Susu kuda liar Sumbawa dipercaya bisa meningkatkan vitalitas dan kejantanan pria. Selain itu, susu kuda liar juga dipercaya dapat menjaga kekebalan tubuh, lho!

Itulah enam rekomendasi produk lokal khas Lombok untuk dibawa pulang saat jalan-jalan ke Mandalika. Tak hanya jadi buah tangan unik dan berkesan, dengan membeli produk ekraf asli Lombok tersebut, kamu juga telah menyukseskan gerakan #BeliKreatifLokal untuk memulihkan perekonomian parekraf di Lombok dan sekitarnya.

MotoGP 2022 juga merupakan momentum bagi para pelaku usaha maupun pegiat parekraf lokal untuk bersinar.

Pasalnya, menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, event-event besar di Mandalika seperti MotoGP 2022 memang ditujukan untuk menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung, baik dalam maupun luar negeri.

"Ini adalah bentuk dari keberpihakan kita agar kebangkitan ini juga membuka peluang kerja bagi masyarakat Lombok Tengah dan NTB. Serta memberikan sinyal agar pemerintah berkolaborasi dengan pelaku UMKM," ucap Sandiaga, melansir Kompas, 21 Februari 2022.

Menparekraf juga mengimbau kepada masyarakat, khususnya pelaku UMKM, agar aktif dalam memanfaatkan peluang dari event-event internasional yang diselenggarakan di Mandalika.

"Tahun ini Mandalika juga akan menjadi tuan rumah dari beberapa side event G20. G20 adalah kumpulan negara-negara yang memiliki ekonomi terbesar di dunia," ujarnya lagi.

Tunggu apa lagi? Yuk, rencanakan liburan istimewa ke Mandalika sekaligus menonton gelaran MotoGP Mandalika 2022, Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 6M dan melengkapi vaksinasi untuk cegah penularan Covid-19, ya! Hal ini demi liburan ke destinasi wisata #WonderfulIndonesia yang lebih nyaman dan menyenangkan!

Jangan lupa untuk membawa buah tangan produk lokal khas Lombok untuk sanak keluarga maupun kawan-kawan terdekat, Apalagi, dengan #BeliKreatifLokal, kamu berperan penting menggerakan roda perekonomian masyarakat Indonesia di era pandemi.

Sambil memilih produk lokal apa yang akan dijadikan oleh-oleh, kamu juga bisa ikutan Kuis PUKIS (Pesona Punya Kuis) yang diadakan hari Selasa tiap minggunya. Akan ada merchandise dan uang tunai jutaan rupiah! Follow akun Instagram @pesonaid_travel dan akun TikTok @pesonaindonesiaofficial untuk informasi lebih lanjut seputar Kuis Pukis dan info parekraf menarik lainnya!

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas