Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Permata Anti Pengangguran

Komprehensifitas pengertian menjadi jelas bagi kita.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Permata Anti Pengangguran
Ist
Direktur Klinik Pancasila menggelorakan Semangat Individu Anti Pengangguran (SIAP) pada peluncuran GAPURA (Gerakan Anti Pengangguran untuk Rakyat Jakarta) gelombang pertama sebanyak 300 peserta menjadi SELURANG TUSAHA (Sepuluh Orang Satu Usaha) di Jakarta. 

Oleh: Dody Susanto
Direktur Klinik Pancasila

TRIBUNNEWS.COM - Negeri yang kaya raya ini sejak kedatangan bangsa-bangsa Eropa mulai terintegrasi dengan roda­ roda kemajuan perekonomian dan pembangunan dunia. Banyak hasil kekayaan alam dan bumi dari Nusantara diangkut ke negeri-negeri yang jauh, yang mereka tak pemah tahu cara dan proses produksinya untuk demi peri kehidupan peradaban masyarakat mereka sendiri. Lebih-lebih ketika Belanda datang dengan maskapai dagangnya, VOC, semakin banyak kekayaan alam dan hasil bumi yang disumbangkan negeri ini untuk dunia. Namun, apa yang diimbal negeri ini dari dunia? Indonesia lama terpuruk dalam kolonialisasi. Jauh sebelum tahun 1800-an, terutama di Jawa,
bangsa negeri ini terjerambab martabat dan mental kemandiriannya sebagai manusia menjadi kuli di ladang dan kebun sendiri. Hingga pada sepanjang tahun 1800-an muncul perlawanan dari bangsa ini.

A. Menghapus Stigma Bangsa Kuli.
Sebelum tahun 1800-an VOC Belanda tidak mempunyai iktikad untuk memberdayakan masyarakat bumiputra. Alih-alih untuk memajukan dan menyejahterakan penduduk bumiputra, untuk menaikkan taraf hidup mereka baru datang kemudian pada masa "politik etis". Itupun tidak terjadi secara massif dan berpihak.

Ada tahap-tahap yang menunjukkan proses bagaimana Belanda, VOC, mengambil keuntungan berlebih dari tanah-tanah luas Indonesia. Sebutlah Masa Kompeni, masa dimana Belanda sedang giat­ giatnya menanam pengaruh kepada penguasa-penguasa lokal baik secara halus maupun paksa. Lalu masa Kultur Stelsel, masa tanam paksa. Dimana para penguasa sampai tingkat desa diperintah- paksa untuk memaksa penduduknya menanam tanaman tertentu pesanan VOC. Lalu masa ini diganti masa Liberale Stelsel dan Politik Etis.

Pada masa-masa giat-giatnya perdagangan dunia dipimpin Eropa, Belanda malah menerapkan monopoli dagang yang tidak hanya merusak pertumbuhan iklim perekonomian dalam negeri tetapi juga merusak sistem agrikultur terutama di Jawa, akibat penerapan Kultur Stelsel dan Agrarische Wet (1830-1870). Banyak petani yang tidak dapat merasakan hasil panen mereka. Misalnya untuk komoditas kopi, belanda tidak segan­ segan memaksa penanaman jenis komoditas ini kepada para bupati; juga tidak segan untuk memusnahkan tanaman itu dan bila terdapat kelebihan produksi. Belanda melarang para petani memperdagangkannya di luar monopolinya.

Akibat kolonialisasi yang panjang ini, serta kolaborasi politik dagang VOC dengan penguasa­ penguasa feodal lama yang begitu sempurna, jatuhlah mental dan talenta ekonomi masyarakat pada umumnya. Mental-mental tangguh itu berganti menjadi mental kuli, inlander, inferior di muka bangsa kulit putih. Lalu muncullah peijuangan-peijuangan politik yang kurang berbasis pada penguatan ekonomi dan perdagangan. Walaupun demikian, peijuangan ekonomi-politik pemah juga diprakarsai oleh SDI (Sarekat Dagang Islam) yang kemudian bergeser dan besar menjadi SI (Sarekat Islam) yang lebih bernuansa politik dari pada ekonomi di bawah kepemimpinan HOS Tjokroaminoto.

Upaya untuk mamajukan taraf hidup masyarakat bumiputra lewat ekonomi mikro (rill) saat itu sangat sulit bagi bumiputra. Sebab posisi itu oleh Belanda diserahkan dan .dipegang kepada bangsa asing Asia; seperti TiongHoa, India, dan Arab; sehingga hampir praktis ketja
ekonomi Belanda ialah dengan mudah memungut pajak dari mereka. Bahkan Belanda, terutama sebelum tahun 1800, tidak mengadakan perubahan yang besar bagi koloninya. Ia hampir hanya menyalurkan arus barang-barang komoditas ke Eropa dalam bentuk laba dan pajak saja. Suatu hal yang menguntungkan. Jauh kemudian hari Belanda bukan lagi berdagang, malah menguasai dan campur tangan dalam kehidupan politik hingga seluruh Jawa beberapa kawasan timur sebagian besar tunduk dan jatuh dalam pengaruh politik-ekonominya.

BERITA TERKAIT

Mental minder dan inlander segera menyeruak manakala kegagalan pertumbuhan bagi bumiputra dalam segala bidang tetjadi akibat kolonialisme Belanda. Para petani memang mereka pemilik tanahnya, tetapi terhadap hasil produksi mereka tidak punya kuasa untuk menikmati. Jangankan menikmati, menentukan harga saja tidak bisa. Sehingga mereka terbentuk secara struktural menjadi "kuli di tanah sendiri."
Mental ini, ditambah dengan deraan penjajahan terus menerus, mengakibatkan penderitaan yang tiada tara, bukan hanya kelaparan dan emiskinan yang menyiksa. Tetapi hilangnya harkat dan martabat sebagai manusia mandiri (merdeka) turut melunturka jatidiri hanga. Keinginan hidup sejahtera pun diterpa deraan kolonialisme.

Akhirnya tingkat suhsisten masyarakat merosot hingga menyerah pada titik nadir kepapaan. Ujungny sehagian dari mereka "herdamai" dengan kekuatan kekuatan imperialis hingga lahirlah mental inlander Menjadi kuli di negerinya sendiri, hangsa kuli dan kul hagi hangsa-hangsa lain.

Sebenarnya, hila kita melihat proses dan selan interval waktu dimana kita didera kolonialisme sungguh sangat mengejutkan hila dilihat. Kita, hangsa ini pernah didatangani hangsa Spanyol, Potugis, lnggris Belanda dan ditamhah heherapa tahun saja oleh penindasan
Jepang. Kolonialisasi yang terjadi atas diri bangsa ini ternyata berjalan ratusan tahun. Kita juga pernah disasar gelombang pemikiran peruhahan. Namun apa yang terjadi? Kita tetap menjadi diri sendiri nyaris tidak ada yang berubah secara fisik.

Walaupun mental dan telenta alam kita sehagian suda tenggelam ke dalam lumpur hawah sadar kebangsaan kita. Sehingga jati diri kita sedikit belum hanya terkuak.

Namun lihat, secara ras dan suku apalagi bahasa tidak ada yang tergantikan oleh bahasa-bahasa Eropa Bayangkan dan bandingkan dengan penjajahan Spanyol atas Mexico, Indian oleh multi ras Eropa, sebagian besar komposisi kultur budaya ras dan bahasa berubah menjadi Hispan, sebagian menjadi Anglo-saxon ata Normand. Lihat Australia, tiba-tiba kita sudah mengenalnya menjadi negeri orang-orang Anglo, nyaris seperti komposisi sosial masyarakat Eropa. Negeri ini Tetap menjadi dirinya sendiri.

Artinya ada "alat" untuk menghapus stigma bangsa kuli atau setidaknya stigma negatif terkait dengan produktivitas yang melekat pada diri bangsa ini. Alat itu ialah memori kolektif, yang kelak mampu mengembalikan hakikat by nature bangsa ini. Mampu mengembalikan DNA
yang drop menjadi "bangsa kuli" itu ' bangkit menjadi DNA bangsa mandiri yang berorientasi pada kemuliaan hidup. Selama ini kita masih sering dihalang-halangi untuk mengetahui siapa jatidiri bangsa ini? Masih ada pihak-pihak yang berusaha menghapus
memori kolektif (sejarah masa lalu) ini sekiranya kita tetap kerdil menjadi bangsa kuli. Sudah saatnya kita menghapus stigma bangsa kuli ini dengan tindakan dan perilaku.

Memori kolketif ini tak lain adalah intelijensia bangsa yang tersimpan dalam budaya bestari dan terpatri dalam guratan perjalanan sejarah bangsa, bahkan dalam tindakan-tindakan arkhais masyarakat tradisi. Di sana kita bisa menemukan figur masalalu yang menceritakan
hakikat insan paripurna itu seperti apa dan bangsa ini apa dalam kaitannya. Dalam kekayaan nilai tradisi yang tetwariskan cukup jelas untuk menerka keagungan jati diri bangsa ini.

Halaman
12
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas