Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Turunnya Suku Bunga Dapat Menekan Harga Properti

Pada 17 Maret 2016, Bank Indonesia sesuai prediksi, menurunkan suku bunga dasar sebesar 25 poin, menjadi 6.75%. Namun, bagaimana kejadian ini akan me

Editor: Samuel Febrianto
Turunnya Suku Bunga Dapat Menekan Harga Properti
ISTIMEWA
Ilustrasi Perumahan 

Ditulis oleh : Lamudi

TRIBUNNERS - Pada 17 Maret 2016, Bank Indonesia sesuai prediksi, menurunkan suku bunga dasar sebesar 25 poin, menjadi 6.75%. Namun, bagaimana kejadian ini akan mempengaruhi pasar real estate?

Jawabannya sangat rumit. Suku bunga memiliki efek yang sangat signifikan terhadap nilai pendapatan produksi real estate, begitu pula jika Anda berinvestasi kendaraan.

Banyak orang keliru dengan terlalu menekankan besarnya tingkat suku bunga KPR sebagai faktor penentu nilai real estate.

Suku bunga juga mempengaruhi arus modal, penawaran dan permintaan modal serta berapa besar penghasilan yang didapat oleh investor ketika berinvestasi. Suku bunga mempengaruhi harga properti dalam banyak cara.

Valuasi Fundamental

Pendekatan pendapatan mirip dengan analisis arus kas diskon, digunakan untuk nilai ekuitas dan obligasi. Valuasi dimulai dengan meramalkan angka pendapatan yang diraup dari sebuah properti dengan menghitung: pembayaran sewa atau hotel dikali dengan biaya rata-rata per kamar.

Lalu, semua angka biaya properti, termasuk anggaran belanja, dari analisis ini akan diketahui berapa angka pendapatan operasional bersih atau singkatnya, uang yang tersisa dari semua pengeluaran.

Bila Anda mengabaikan seluruh biaya modal, anda akan mengetahui berapa arus kas bersih. Dengan memperhitungkan arus kas untuk satu periode investasi, maka nilai sebuah properti dapat ditentukan.

Arus Modal

Halaman
123
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas