Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Sekolah IPEKA Dulang Berbagai Prestasi di Olimpiade Sains Nasional 2016

Pelajar dari Sekolah IPEKA mendulang berbagai prestasi di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 yang digelar di Palembang.

Editor: Yulis Sulistyawan
zoom-in Sekolah IPEKA Dulang Berbagai Prestasi di Olimpiade Sains Nasional 2016
Ipeka
Pelajar dari Sekolah IPEKA 

TRIBUNNEWS.COM - Pelajar dari Sekolah IPEKA mendulang berbagai prestasi di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 yang digelar di Palembang, Sumatera Selatan, 16-20 Mei lalu. Sebanyak 12 pelajar dari IPEKA yang mendapatkan medali.

Dua pelajar menyabet medali emas, yakni Stanve Avrilium Widjaja dari SMP IPEKA Plus BSD dengan mata pelajaran Matematika dan Kezia Sulami dari SMA IPEKA Sunter pada mata pelajaran Komputer.

Kemudian sebanyak 10 pelajar lainnya mendapatkan medali perak dan perunggu. Adapun pelajar IPEKA menggapai medali perak, untuk tingkat SMP mata pelajaran IPA yakni Nixon Widjaja dari SMP IPEKA Plus BSD, Joan Nadia dari SMP IPEKA Tomang, dan Kay Euginia Purnama dari SMP IPEKA Puri.

Kemudian mata pelajaran Matematika yakni Nicholas Russell dari SMP IPEKA Sunter dan mata pelajaran IPS yakni Jennifer Josephine dari SMP IPEKA Puri.

Untuk jenjang SMA yang mendapatkan perak yakni Eunice Sukarto dari SMA IPEKA Integrated Christian School (IICS) mata pelajaran Matematika, Patrick Bryan Nugraha dari SMA IICS mata pelajaran Fisika, dan Ricky Linarto dari SMA IPEKA Sunter mata pelajaran Biologi.

Sedangkan dua perunggu berhasil diraih pelajar tingkat SD, yakni Yuan Komah dari SD IPEKA Palembang mata pelajaran Matematika dan Steanley Vanquish Kho dari SD IPEKA Palembang mata pelajaran IPA.

OSN 2016 memperlombakan berbagai macam mata pelajar. Untuk OSN SD yang diperlombakan adalah Matematika dan IPA, sedangkan OSN SMP memperlombakan Matematika, IPA, dan IPS. Adapun lomba OSN SMA terdiri dari Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Komputer, Astronomi, Kebumian, Eknonomi, dan Geografi.

BERITA TERKAIT

Sebanyak 1.680 siswa-siswi tingkat SD, SMP, dan SMA menjadi peserta OSN dan mengikuti seleksi mulai dari tingkat sekolah, berlanjut ke tingkat kabupaten, lalu provinsi.

Siswa-siswi yang lolos seleksi adalah yang terbaik dari provinsi masing-masing. Perincian 1.680 adalah untuk OSN SMA, terdiri dari 775 siswa yang berhasil lolos menjadi peserta OSN yang berasal dari sekolah seluruh Indonesia.

Sedangkan OSN SMP terdiri dari 396 peserta dan OSN SD terdiri dari 408 peserta seluruh sekolah di Indonesia.

Juri OSN 2016 berasal dari berbagai bidang ilmu di berbagai perguruan tinggi, antara lain Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Padjadjaran (Unpad). Selain berasal dari akademisi, ada juga juri yang berasal dari kalangan praktisi.

Kepala Bidang Pengembangan Pendidikan IPEKA Theo Kurniadi mengatakan, IPEKA mengusahakan supaya siswa dan siswi lebih senang dalam belajar.

“Anak-anak tidak hanya belajar untuk mengejar nilai saja, tetapi mereka bisa belajar juga untuk mengembangkan diri, dan bisa mengkontribusikan sesuatu yang berguna pada masa depan,” ujarnya.

“Harapan IPEKA masih bisa menolong anak-anak menemukan minat dan bakatnya, dan apa yang sudah Tuhan berikan, karunia dan talentanya dapat dikembangkan untuk kemuliaan nama Tuhan,” tambahnya.

Peraih emas dari SMA IPEKA Sunter, Kezia Sulami (16 tahun) mengatakan, “Tidak mudah meraih pencapaian ini tanpa anugerah dari Tuhan, dukungan penuh dari orang tua, teman-teman, dan tentunya sekolah, saya sangat berterima kasih atas kesempatan yang telah diberikan sekolah kepada saya untuk mendalami bidang komputer secara intensif. Semoga kemenangan ini dapat memberikan inspirasi bagi teman-teman saya lainnya.”

Ditulis oleh Ardyles Faesilio

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas