Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Menulislah Jika Ingin Abadi

Hidup abadi mungkin menjadi dambaan setiap makhluk hidup yang bernama manusia. Entah atas dasar apa kebanyakan manusia ingin hidup dalam keabadian.

Menulislah Jika Ingin Abadi
net
Ilustrasi menulis 

Ditulis oleh : Tafrichul Fuady Absa, Pegiat PIUSH (Pojok Inspirasi Ushuluddin)

TRIBUNNERS - Hidup abadi mungkin menjadi dambaan setiap makhluk hidup yang bernama manusia. Entah atas dasar apa kebanyakan manusia ingin hidup dalam keabadian.

Tetapi satu hal yang pasti, bahwa manusia tidak akan pernah bisa menghindar dari kematian.

Mustahil memang jika manusia ingin hidup dalam keabadian. Sebab, kematian sudah menjadi rancangan dalam kehidupan oleh sang maha entah.

Logika dasar yang dipakai oleh Aristoteles adalah setiap yang hidup pasti mati. Tetapi ada beberapa manusia yang sampai saat ini hidup dalam keabadian.

Dalam konteks ini, abadi yang dimaksud bukan abadi jiwa dan raganya, yang masih berkeliaran di muka bumi. Melainkan abadi dalam hal pemikiran, dedikasi, serta pengaruhnya terhadap manusia yang lain. Baik itu yang hidup di masanya ataupun yang hidup jauh setelahnya.

Ada banyak sekali manusia yang hidup dalam keabadian, sebut saja Plato, Aristoteles.

Dua tokoh ini memang sudah tiada 2500 tahun silam. Akan tetapi pemikiran dan ide-idenya masih diperbincangkan dan didiskusikan.

Bahkan, tulisan-tulisannya dijadikan sumber rujukan dalam kajian filsafat. Di Indonesia sendiri ada Soekarno, Tan malak, Chairil Anwar, dan sebagainya.

Secara ragawi, Soekarno, Tan Malaka dan Chairil anwar sudah tiada, tetapi pemikiran dan pengaruhnya masih terasa oleh anak muda abad 21.

Halaman
12
Editor: Samuel Febrianto
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas