Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Blog Tribunners

Mewujudkan Lingkungan Kota yang Bersih dan Nyaman

Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada tanggal 22 Juli 2016, Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla dengan didampingi Menteri Lingkungan Hidup

Penulis: Aulia Firda Alfiana
Editor: Samuel Febrianto

TRIBUNNERS - Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada tanggal 22 Juli 2016, Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla dengan didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menyerahkan penghargaan program lingkungan hidup di Istana Sri Indrapura, Kabupaten Siak. Salah satu kota peraih penghargaan Adipura Kirana adalah Kota Semarang.  

Kota Semarang menjadi salah satu kota yang berhasil mendapat piala Adipura Kirana tahun 2016 ini.

Keberhasilan ini tidak lepas dari kerja sama dan partisipasi masyarakat bersama seluruh jajaran SKPD yang bergerak bersama mewujudkan lingkungan kota yang bersih dan nyaman.

Sebelumnya, Kota Semarang diketahui telah memperoleh penghargaan adipura lima kali berturut-turut sejak 2012.

Adipura Kirana ini merupakan bentuk penghargaan yang diberikan pemerintah kepada kota maupun kabupaten yang penilaiannya dititik beratkan kepada kota yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui perdagangan, pariwisata dan investasi yang berbasis lingkungan hidup.

Program Adipura tidak hanya sekedar untuk mendapatkan penghargaan atau piala namun lebih dari itu, memotivasi pemerintah daerah adalah untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang baik.

Sekain itu, diperlukan kesadaran dan kepedulian dalam menjaga dan menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman harus terus dilakukan secara berkesinambungan oleh seluruh komponen masyarakat.

Membangun kepedulian dan kesadaran masyarakat akan kelestarian lingkungan harus dimulai sedini mungkin.

Hal ini bisa dimulai dari hal terkecil seperti membuang sampah pada tempatnya, atau dengan menerapkan pola 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle).

Dengan pola tersebut setiap warga masyarakat dapat mengelola sampah di sekitarnya sehingga sampah tak terpakai tidak mengotori lingkungan dan bahkan menjadi hal yang produktif.

Tidak hanya pejabat pemerintah yang bertanggung jawab memperbaiki lingkungan, tetapi juga seluruh masyarakat juga bertanggung jawab untuk memperbaiki dan menjaga lingkungan, karena masalah lingkungan adalah masalah kita semua.

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas