Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Lima Kota Hilang Paling Terkenal di Dunia

Dalam sejarah dunia ada banyak sekali kota hilang yang disebut memiliki peradaban misterius karena jejak mereka yang lenyap begitu saja.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Lima Kota Hilang Paling Terkenal di Dunia
net
angkor wat 

TRIBUNNERS - Dalam sejarah dunia ada banyak sekali kota hilang yang disebut memiliki peradaban misterius karena jejak mereka yang lenyap begitu saja.

Berbagai kota atau peradaban hilang ini sering dimunculkan dalam berbagai kesempatan literatur ataupun media.

Berikut ini adalah 7 kota hilang paling terkenal yang pernah diketahui di dunia

Babilon Kuno

Babilon ibukota dari peradaban Babylonia, kerajaan kuno ternama Mesopotamia, namanya dikenal karena pemerintahan Raja Nebuchadnezzar.

Yang menyebabkan Babilon dikenal dunia dan pantas masuk dalam daftar kota hilang ini adalah 'harta misterius' di dalamnya, yaitu Hanging Gardens (Taman Gantung). 

Diceritakan pada suatu hari istri dari Raja Nebuchadnezzar II kangen akan pemandangan pegunungan rumahnya.

BERITA TERKAIT

Raja Nebuchadnezzar II kemudian membuat sebuah taman luar biasa indah yang memiliki banyak tingkat dan itu semua dibuat di kedalaman gurun pasir.

Walaupun banyak penulis kuno yang mengatakan Taman Gantung itu memang ada, namun bukti nyata yang mengatakan hal tersebut sama sekali tidak dapat ditemukan.

Apalagi melihat sekarang yang tersisa dari Babilon hanyalah puing dan reruntuhan peradaban Babilonia.

Angkor
Angkor adalah sebuah kota besar di Kambodia yang juga adalah tempat berdiamnya kuil keagamaan terbesar di dunia, yakni Angkor Wat.

Berada di antara abad ke-9 hingga ke-15, Angkor adalah pusat kekuatan kerajaan Khmer (Kambodia). 

Misteriusnya kota ini bukan menjadi kota atau peradaban hilang karena bencana ataupun penjajahan, tapi hanya karena ditinggalkan begitu saja oleh masyarakatnya, membuat kota dan ribuan kuilnya 'mati' di kedalaman hutan.

Selama sekitar 300 tahun, kota ini adalah kota hilang hingga akhrnya ditemukan di abad ke-18. Sebagai gambaran, kota ini dapat disebut sebagai kota terbesar di dunia dalam zaman pra-industri.

Halaman
123
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas