Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Mengapa Ketum Pordasi Harus Diganti?

tulah, antara lain, pertanyaan yang disampaikan sejumlah pelaku dan pemangku kepentingan olahraga berkuda menyikapi dinamika yang terjadi di organisas

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Mengapa Ketum Pordasi Harus Diganti?
ist
Tubagus Adhi 

Oleh: Tubagus Adhi

Itulah, antara lain, pertanyaan yang disampaikan sejumlah pelaku dan pemangku kepentingan olahraga berkuda menyikapi dinamika yang terjadi di organisasi berkuda nasional.

Beberapa perwakilan dari Pengprov Pordasi khususnya mempertanyakan rencana diadakannya Munaslub PP Pordasi sebagaimana yang disebut-sebut dikehendaki oleh 10 Pengprov.

Dari pertemuan Minggu lalu di sekretariat Pengprov Pordasi DKI Jaya di Pulo Mas, perwakilan 10 Pengprov mendesak pimpinan PP Pordasi untuk menjawab kehendak adanya Munaslub ini selambat-lambatnya 31 Oktober 2016.

Mereka mengklaim, 10 pengprov sudah memenuhi kuorom untuk menggelar Munaslub, karena jumlah Pengprov Pordasi hanya 17.

Namun, jumlah keseluruhan Pengprov Pordasi tersebut terbantahkan dengan pernyataan Wakil Komisi Pacuan PP Pordasi, Noviardi Sikumbang yang menyebut bahwa jumlah Pengprov Pordasi saat ini ada 24.

Disebutkan juga, dari perwakilan 10 pengprov yang hadir pada rapat konsolidasi Minggu itu, beberapa diantaranya sudah habis masa kepengurusannya.

BERITA TERKAIT

Disamping itu, beberapa pengprov lainnya menyatakan tak setuju Munaslub, hanya menginginkan Rakernas.

"Kami sebenarnya tak setuju ada wacana pergantian Ketua Umum PP Pordasi, apalagi lewat Munaslub. Kepemimpinan Pak Eddy Saddak selama ini sudah sangat baik, jadi mengapa harus diganti?" ujar salah seorang pimpinan Pengprov Pordasi, yang semula disebutkan membubuhkan tandatangannya di lembaran kesepakatan hasil rapat konsolidasi.

Noviardi Sikumbang menyatakan, mayoritas Pengprov Pordasi sesungguhnya tak mempermasalahkan kepemimpinan H.Mohammad Chaidir Saddak, MBA di PP Pordasi.

Pemilik Aragon Horse Racing & Equestrian Sports, Lembang, yang biasa disapa Eddy Saddak itu diakui sangat kooperatif, mau bekerja-sama untuk memajukan organisasi, tidak arogan, dan terutama, mau berkorban. "

Pak Eddy Saddak selama beberapa periode kepemimpinannya sudah terbukti mengorbankan waktu dan dananya untuk kemajuan olahraga ini. Hampir semua kegiatan olahraga berkuda, baik equestrian atau pacuan, dihadirinya, juga bersama keluarganya," papar Noviardi Sikumbang.

Pordasi memayungi tiga disiplin berkuda, yakni equestrian, pacuan dan polo. Masyarakat equestrian Indonesia tak bisa melupakan jasa Eddy Saddak yang berhasil mempersatukan kembali disiplin berkuda ketangkasan tersebut setelah sempat terpecah-belah atau terjadi dualisme.

Pordasi kini juga terkesan menjadi lebih seksi karena akan memiliki sarana equestrian megah di Pulo Mas berkaitan dengan tuan rumah Asian Games XVIII/2018. Equestrian menjadi salah satu cabor yang dikompetisikan di Asian Games 2018 itu.

Ironisnya, saat equestrian diperkirakan bisa lebih dashyat kedepannya, organisasi berkuda nasional ini seakan tengah diterpa badai, kepemimpinan Eddy Saddak digoyang.

Guncangan ini datang dari sekretariat Pengprov Pordasi DKI Jaya. Kolaborasi Ketua Pengprov Pordasi DKI Jaya Alex Asmasoebrata dan Umbu Samapaty, mantan sekum PP Pordasi, disebut-sebut "melahirkan" tiga nama yang dinyatakan siap menggantikan Eddy Saddak di PP Pordasi.

Ketiga nama tersebut adalah Tutut Soeharto, Ketua Basarnas, Irvan, dan Olly Dondokambey, Gubernur Sulut. Soal kesiapan Olly Dondokambey, yang pernah menjadi pengurus di PP Pordasi, disampaikan Alex Asmasoebrata secara berantai via pesan singkat, Kamis (20/10) sore "Breakingnews.Gub sulut olly dondokambey siap mejadi ketum pp pordasi.sy barusan di tef oleh p Ferry wowor dr sulut.sekarang gub sulut ada d jakarta.sy recananya akan temui beliau.alex asmasoebrata." 

*Tubagus Adhi, pemerhati masalah olahraga nasional

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas