Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Mari Kita Sukseskan Asian Games di Jakarta-Palembang 2018

Meski sempat mendapat kritik oleh beberapa kalangan yang salah satunya pemerintah dinilainya terlalu jor-joran mengeluarkan anggaran untuk perbaikan i

Editor: Samuel Febrianto
zoom-in Mari Kita Sukseskan Asian Games di Jakarta-Palembang 2018
INASGOC
Asian Games 2018 

Dikirimkan oleh Ipung Surya Purna Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTa - Meski sempat mendapat kritik oleh beberapa kalangan yang salah satunya pemerintah dinilainya terlalu jor-joran mengeluarkan anggaran untuk perbaikan infrastruktur yang mencapai trilyunan Rupiah daripada kepentingan dan kesejahteraan rakyat dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang 18 Agustus - 2 September 2018 mendatang.

Baca: Menko PMK Ajak Masyarakat Manfaatkan Torch Relay untuk Promosikan Wisata Daerah

Kritikan tersebut sempat ditanggapi oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga melalui Siaran Pers No 4/Kemenpora/4/2018. Bahkan Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro menilai ajang empat tahunan tersebut diharapkan akan memberikan manfaat yang besar kepada bangsa Indonesia.




“salah satu manfaat yang dirasakan oleh masyarakat adalah dampak langsung ekonomi dari berbagai sektor dan non ekonomi bagi indonesia sebagai tuan rumah,” ujarnya.

Lebih lanjut Bambang mengungkapkan, manfaat yang didapat dari sisi ekonomi adalah meningkatkan sektor pariwisata, meningkatkan aktivitas ekonomi lokal, menciptakan lapangan kerja, mendorong pengembangan kota melalui pembangunan infrastruktur fasilitas olahraga, dan merupakan ajang promosi untuk citra positif bangsa.

Baca: ICW Ingatkan Potensi Dugaan Korupsi di Proyek-proyek Infrastruktur

“Berdasarkan perhitungan sementara Bappenas, dampak ekonomi dari pengeluaran pengunjung selama tinggal di Indonesia untuk Asian Games 2018 sebesar Rp 3,6 triliun dengan komposisi 88 % pengeluaran berasal dari penonton dan wisatawan, diikuti 4,67 % pengeluaran oleh atlet, 3,96 % pengeluaran awak media, 2,34 % pengeluaran ofisial, dan 0,77% pengeluaran sukarelawan,” paparnya beberapa waktu lalu (13/5/2018)

Sependapat dengan Menteri PPN/Kepala Bappenas, Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir menjelaskan, penyelenggaraan Asian Games 2018 akan memberikan warisan dan membawa dampak positif yang besar bagi Indonesia.

“Bukan saja dari sisi dampak ekonomi, tetapi juga dampak sosial dan pengetahuan dari negara maju di Asia bahkan Dunia selain itu ajang Asian Games bukan hanya untuk mengadu prestasi melainkan juga sebagai ajang untuk menciptakan perdamaian di Asia dan khususnya Indonesia.” Katanya.

BERITA TERKAIT

Sementara itu, Seniman sekaligus peraih rekor MURI melukis tercepat mengunakan lumpur Lapindo, M. Holis Satriawan mengajak masyarakat untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan Asian Games.

“Asian Games bukan hanya tentang perlombaan olahraga belaka, tapi ini menjadi tolak ukur eksistensi sebuah bangsa, kami mengharapkan masyarakat Indonesia mendukung perhelatan akbar se Asia tersebut” jelasnya.

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas