Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Jangan Ditanya ke Mana Prabowo Pergi

Rekapitulasi sementara KPU suara Prabowo-Sandi tertinggal 15 juta suara dari pperaingnya Jokowi-Amin

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Jangan Ditanya ke Mana Prabowo Pergi
Ist for ribunnews.com
Sumaryoto Padmodiningrat. 

Oleh: Sumaryoto Padmodiningrat

TRIBUNNEWS.COM - “Jangan ditanya ke mana aku pergi”.

Lagu lawas Muchsin Alatas yang hitstahun 1970-an ini mungkin sedang dinyanyikan dalam hati oleh Prabowo Subianto, calon presiden yang berpasangan dengan Sandiaga Uno pada Pemilihan  Presiden 2019.

Namun dalam rekapitulasi sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU), perolehan suaranya tertinggal sekitar 15 juta dari capres petahana Presiden Joko Widodo yang berpasangan dengan KH Maruf Amin.

Ya, tak ada yang tahu pasti ke mana dia pergi. Dari foto yang beredar, Prabowo diduga pergi ke Brunei Darussalam, namun dibantah Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak.

Di sisi lain, Prabowo telah menulis dan meninggalkan surat wasiat di kediamannya di Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Surat wasiat tersebut, kata Sandiaga Uno, ditujukan kepada rakyat Indonesia. Isinya, arahan untuk langkah-langkah ke depan.

BERITA TERKAIT

Surat wasiat Prabowo akan dibuka sebelum atau pada saat pengumuman hasil Pemilu 2019 oleh KPU, Rabu (22/5/2019).

Akankah surat wasiat itu menjadi bom waktu? Kita tidak tahu. Yang jelas, isi surat wasiat itu hingga kini masih misterius.

Namun, Prabowo telah menyatakan penolakannya atas hasil Pilpres 2019 yang ia nilai sarat kecurangan. Apakah surat wasiat itu berisi penolakan hasil pemilu?

Ataukah surat wasiat itu berisi ajakan people power (pengerahan kekuatan massa), belakangan istilah ini diubah menjadi gerakan kedaulatan rakyat, untuk mengepung KPU, seperti selama ini disuarakan para pendukung Prabowo-Sandi, seperti Habib Rizieq Syihab, Amien Rais, Kivlan Zen, dan juga Eggi Sudjana yang sudah ditetapkan polisi sebagai tersangka makar dan ditahan?

Kita tidak tahu. Yang jelas, TNI dan Polri sudah dalam posisi Siaga 1.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, menjelang penetapan hasil Pemilu 2019 oleh KPU, ada 40 ribu personel gabungan TNI-Polri yang dikerahkan untuk pengamanan.

Di sisi lain, Densus 88/Antiteror Polri selama lima bulan ini, atau sejak Januari hingga Mei 2019 membekuk 68 terduga teroris.

Halaman
1234
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas