Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners
Tribunners

Tribuners adalah platform jurnalisme warga. Untuk berkontribusi, anda bisa mengirimkan karya dalam bentuk berita, opini, esai, maupun kolom ke email: redaksi@tribunnews.com.


Konten menjadi tanggungjawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi tribunnews.com.

Tribunners / Citizen Journalism

Dari Operator hingga Penyedia Layanan Digital, Faktor Krusial agar Sukses Bertransformasi

bagaimana seharusnya CSP menghadapi perjalanan transformasi ini menjadi DSP? Pengalaman pelanggan adalah kuncinya

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Dari Operator hingga Penyedia Layanan Digital, Faktor Krusial agar Sukses Bertransformasi
HandOut/Istimewa
Ilustrasi. transformasi digitalisal. 

oleh Andrew Tan

Direktur Regional Asia Tenggara di Nexign

TRANSFORMASI digital telah sukses menyorot berbagai pelaku industri, memaksa perusahaan untuk mengaji ulang proses bisnis mereka dari awal.

Banyak pabrik memanfaatkan Internet of Things (IoT) untuk memungkinkan pemeliharaan secara prediktif, para peritel mendapat pandangan holistik atas pelanggannya sehingga bisa memberikan layanan personal yang cepat.

Bank kini menawarkan kemudahan serta kenyamanan bertransaksi baik dari rumah, melalui aplikasi mobile / situs web, maupun di ATM terdekat, semuanya demi meningkatkan kepuasan pelanggan dan tetap selangkah lebih maju dari kompetitor.

Ini adalah bukti nyata transformasi digital; Ia menawarkan potensi untuk mengarungi arus revolusi dan menjadi yang teratas.

Industri telekomunikasi juga mengalaminya.

BERITA REKOMENDASI

Dalam laporan "Communications Service Providers (CSPs) digital transformation” perusahaan riset Analysys Mason bahkan menyatakan bahwa para penyedia layanan komunikasi tidak memiliki pilihan untuk mengubah bisnis dan sistem operasi mereka.

Pilihannya: "digitalisasi atau mati".

Operator telekomunikasi di Asia Tenggara mengakui hal ini, seperti tertulis dalam laporan terbaru ICT Enterprise Insights dari Ovum, yang menunjukkan bahwa sektor telekomunikasi adalah yang terdepan dalam digitalisasi, dengan skor indeks kematangan-perkembangan 43,9%, mengalahkan pabrikan dan peritel inovatif, bahkan melampaui sektor perbankan.

Para operator ini telah meluncurkan inisiatif baru dalam upaya mereka menjadi Penyedia Layanan Digital (Digital Service Provider - DSP), karena menyadari model bisnis digital baru ini adalah cara menjaga nilai kompetitif mereka di pasar serta menciptakan sumber pendapatan mutakhir untuk bertahan di era baru ini.

Saat ini, masing-masing CSP harus bertanya kepada diri sendiri:

● Apa yang dilakukan bisnis saya untuk keluar dari rantai pendapatan tradisional yang stagnan?

● Bagaimana kita memaksimalkan keuntungan dari transformasi digital?

Halaman
123
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas