Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Puan adalah Harapan Baru

Pemilihan dan penetapan Ketua DPR kali ini tampak berbeda jika dibandingkan dengan pemilihan ketua DPR periode sebelumnya.

Puan adalah Harapan Baru
ISTIMEWA
Sekjen Go Indonesia Tigor Mulo Horas Sinaga 

Oleh Sekjen Go Indonesia,Tigor Mulo Horas Sinaga
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Rapat paripurna DPR menetapkan politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Puan Maharani sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024, Selasa malam (1/10/2019).

Pemilihan dan penetapan Ketua DPR kali ini tampak berbeda jika dibandingkan dengan pemilihan ketua DPR periode sebelumnya.

Pada periode sebelumnya pimpinan DPR dipilih dengan mekanisme paket oleh seluruh anggota DPR melalui voting, sementara kali ini, Puan terpilih karena partainya menjadi pemenang Pemilu 2019.

Ucapan kepada Puan pun mengalir deras dari berbagai pihak, termasuk dari salah satu organisasi milenial terbesar di Indonesia, Generasi Optimis (GO) Indonesia. Selamat kepada Mbak Puan, perempuan pertama Indonesia yang menjadi Ketua DPR RI. Generasi Optimis Indonesia sangat bangga ada seorang perempuan yang menjadi Ketua DPR RI.

Emansispasi dan kesetaraan gender dalam politik Indonesia telah mencapai puncaknya, karena sudah pernah ada Presiden wanita pertama, kini Ketua DPR RI juga dijabat oleh seorang wanita. Ini adalah catatan sejarah politik yang patut dibanggakan.

Pimpinan DPR, menurut UU MD3 yang sudah direvisi, berjumlah lima orang berasal dari partai politik peringkat lima besar dalam Pemilu 2019.

Baca: Mengenal Sosok Suami Puan Maharani yang Jarang Terekspos ke Publik

Maka dari itu, Ketua dan Wakil Ketua DPR ditentukan secara internal oleh lima fraksi yang memiliki kursi terbanyak itu, yaitu PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai NasDem.

Puan akan memimpin DPR RI dengan ekselen bersama empat Wakil Ketua DPR RI, Aziz Syamsudin dari Fraksi Partai Golkar, Sufmi D. A dari Fraksi Partai Gerindra, Muhaimin Iskandar dari Fraksi PKB, dan Rahmat Gobel dari Fraksi Partai NasDem.

Baca: Cerita Pencalonan dan Profil 5 Pimpinan DPR: Puan Maharani Sejak Awal hingga Muhaimin di Detik Akhir

Mbak Puan kan punya empat Wakil Ketua yang kaliber ya, saya optimis wajah dan kinerja DPR RI kita akan lebih baik ke depan. Apa lagi PDIP dan Gerindra tampak mulai mesra kembali, jadi ini harapan dan optimisme baru bagi bangsa kita.

Penetapan Mbak Puan sebagai Ketua DPR adalah sejarah baru bagi parlemen Indonesia, untuk pertama kali seorang politisi perempuan menjabat sebagai Ketua DPR. Ini seperti melanjutkan tradisi serba pertama dalam trah politik Soekarno.

Baca: Puan Maharani: DPR Tidak Antikritik

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Rachmat Hidayat
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas