Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Pilpres 2024

2024: Ganjar Vs Anies

Di PDIP saat ini tak ada tokoh lapis kedua setelah Megawati yang "marketable" atau laik jual sebagai capres, termasuk Puan Maharani dan Prananda Prabo

2024: Ganjar Vs Anies
Instagram Ganjar Pranowo dan Tangkap Layar YouTube via Tribun Manado)
Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. 

Oleh: Karyudi Sutajah Putra

TRIBUNNEWS.COM - Hasil survei sebuah lembaga, 16-18 Mei 2020, yang menempatkan Ganjar Pranowo (11,8%) di urutan kedua elektabilitas tertinggi setelah Prabowo Subianto (14,1%), melemparkan kita pada keyakinan: Ganjar akan bertemu Anies Baswedan (10,4%) pada Pemilihan Presiden 2024.

Kok bisa?

Pertama, meski saat ini masih merajai survei, namun pada 2024 Prabowo akan dianggap sebagai politikus veteran dengan kecenderungan elektabilitas menurun, sehingga diyakini ia tak akan maju lagi di Pilpres 2024.

Saat ini saja elektabilitas Prabowo menurun 8,1% dibanding Februari 2020.

Kedua, dengan bergabung ke pemerintahan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pertahanan, banyak pendukungnya yang kecewa, terutama komunitas 212, sehingga diyakini Prabowo tak akan "nyapres" lagi.

Ketiga, dalam usianya yang sudah sepuh (73) pada 2024, diyakini Prabowo akan lebih memilih menjadi "king maker" seperti Megawati Soekarnoputri, dengan mengarsiteki Anies seperti pada Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017.

Sebagai "king maker", Prabowo akan kembali berkolaborasi dengan Jusuf Kalla yang merupakan mentor politik Anies, seperti pada Pilkada DKI 2017.

Satu-satunya sosok yang bisa diterima para pendukungnya untuk menggantikan Prabowo adalah Anies yang sekarang menjabat Gubernur DKI Jakarta. Mengapa?

Pertama, pendukung Prabowo dalam Pilpres 2019 hampir semuanya adalah pendukung Anies pada Pilkada DKI 2017.

Halaman
1234
Editor: Hasanudin Aco
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas