Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Pertiwi Indonesia Salurkan Bantuan Sembako Untuk Nelayan Di Kepulauan Seribu

Sampai saat ini masih banyak warga masyarakat yang belum tersentuh bantuan kendati dampak Covid-19 dirasakan sangat mengganggu kondisi perekonomian

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Pertiwi Indonesia Salurkan Bantuan Sembako Untuk Nelayan Di Kepulauan Seribu
Dok. Pertiwi Indonesia
Pertiwi Indonesia Salurkan Bantuan Sembako Untuk Nelayan Di Kepulauan Seribu 

SAMPAI saat ini masih banyak warga masyarakat yang belum tersentuh bantuan kendati dampak Covid-19 dirasakan sangat mengganggu kondisi perekonomian mereka. Salah satunya adalah warga Pulau Untung Jawa, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Penasehat Pertiwi Indonesia, Happy Djarot mengatakan bahwa berdasarkan informasi di lapangan, masih banyak saudara-saudara kita di DKI Jakarta yang belum mendapat bantuan.

Oleh karena itu mereka kirimkan bantuan sembilan makanan pokok yang diberikan Presiden melalui Departemen Sosial, dengan harapan dapat meringankan beban mereka.

Bantuan sebanyak 500 paket tersebut diterima secara simbolis oleh 20 orang warga. Sebelumnya Pertiwi Indonesia sudah menyerahkan bantuan serupa ke masyarakat di Bogor, Bekasi dan Tangerang Selatan.

Penyaluran diprioritaskan pada masyarakat terdampak Covid-19 yang belum mendapat bantuan sama sekali seperti halnya warga kampung di Kepulauan Seribu ini.

“Kampung kami mayoritas penduduknya nelayan. Saat ini betul-betul butuh bantuan karena banyak yang takut keluar rumah akibat Covid-19 ini,” kata Supriyadi, kepala kampung yang membantu mendata penerima bantuan.

Dia menjelaskan, sebanyak 715 kepala keluarga disana terpaksa hidup dengan memprihatinkan karena tidak ada penghasilan atau kalaupun ada sangat minim.

BERITA TERKAIT

Perkumpulan Pertiwi Indonesia menyalurkan 22.000 paket sembako bantuan Presiden kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Kegiatan menjelang peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-75 ini akan dilakukan secara bertahap dengan harapan dapat membantu masyarakat yang terdampak secara ekonomi.

Kegiatan  kali ini mendapat bantuan dari Direktorat Polisi Air yang menyediakan kapal pengangkut sembako dari Dermaga Pol Air menuju Pulau Untung Jawa.

Pertiwi Indonesia juga dibantu oleh BAIS dan Kopasus dalam rangkaian kegiatan ini dengan menyediakan truk-truk besar sebagai alat transportasi pengangkut sembako. 

“Kami berharap dapat terus membantu masyarakat antara lain dengan menyalurkan sumbangan-sumbangan seperti di Pulau Untung Jawa ini. Seperti kita ketahui DKI Jakarta adalah zona merah terbesar dengan jumlah kasus terbanyak. Jumlah terinfeksi Corona sudah mendekati angka 26.000 orang. Kondisi ini sangat memprihatinkan,” kata Lucy Chrysantina, Ketua Pertiwi Indonesia Cabang DKI Jakarta.

Dalam semua aktivitas penyaluran bantuan 22.000 sembako ini, Pertiwi Indonesia menerapkan prosedur keamanan yang ketat.

Seluruh yang hadir diwajibkan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Hal ini dilakukan untuk menghambat penyebaran Corona, termasuk di daerah berzona hijau.

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas