Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Badan Pengelola Masjid Istiqlal bersama BIG Indonesia Meluncurkan Program IIHC

Masjid Istiqlal mengusung salah satu tagline-nya sebagai green and smart mosque.

Badan Pengelola Masjid Istiqlal bersama BIG Indonesia Meluncurkan Program IIHC
Dok. BPMI
Badan Pengelola Masjid Istiqlal bersama BIG Indonesia Meluncurkan Program IIHC 

BADAN PENGELOLA Masjid Istiqlal bersama BIG Indonesia meluncurkan Program Istiqlal Indonesia Halal Center (IIHC).

Pada kesempatan ini, Masjid Istiqlal mengusung salah satu tagline-nya sebagai green and smart mosque.

Untuk mendukung  program strategis pemerintah dan visi global Masjid Istiqlal  sebagai e-mosque, Masjid Istiqlal, melalui Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) menginisiasi dan mengembangkan beragam kegiatan strategis dalam bidang peribadatan, dakwah, pendidikan, sosial, ekonomi dan digital.

Bidang peribadatan, misalnya, memperkuat kegiatan muballigh media, pemberdayaan komunitas remaja masjid, pembinaan muallaf, lembaga tahfiz dan tahsin al-Qur’an, seni- budaya dan bela diri Istiqlal, jaringan masjid negara internasional, dan training center imam masjid untuk disebarkan ke seluruh dunia.

Masjid Istiqlal kini tak lagi hanya sekedar menjadi tempat untuk menjalankan kegiatan ibadah mahdhah tapi juga untuk menjalankan berbagai kegiatan positif yang membawa kemanfaatan universal kepada masyarakat luas.

Wajah baru Masjid Istiqlal di samping untuk ibadah dan dakwah, kini juga didayagunakan untuk mengkaji ilmu, berkesenian, menjalankan kegiatan sosial, juga pusat kegiatan ekonomi umat.

Artinya, Masjid Istiqlal dapat menjadi hub untuk meningkatkan dan memberdayakan ekonomi umat.

Sesungguhnya masjid adalah sebuah komunitas, karena masjid tempat berkumpulnya jamaah yang berkumpul secara reguler dan mereka memiliki satu kepentingan yang sama (common interest) untuk beribadah dan mencari kebaikan di jalan Allah.

Sebagai sebuah komunitas produktif, seharusnya masjid, takmir, dan jamaahnya bisa menjadi motor penggerak pemberdayaan ekonomi di tingkat grass root. Masjid bisa menjadi agen kemakmuran dan pemberdayaan umat.

Pada akhirnya Masjid bisa menjadi hub untuk menjalankan beragam aktivitas ekonomi (value-creating activities) yang memberikan kemanfaatan umat, termasuk di dalamnya aktivitas usaha dan bisnis.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas