Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Perlunya Postmortem Trial Bagi Tersangka yang Sudah Meninggal

Postmortem trial menjadi terobosan bahwa supremasi hukum tidak 'kalah' oleh kematian.

Perlunya Postmortem Trial Bagi Tersangka yang Sudah Meninggal
Tangkap Layar You Tube Kompas TV
Penyidik Polri menggelar reka ulang penembakan anggota Laskar FPI di Tol Cikampek yang peristiwanya terjadi Senin (14/12/2020) dini hari. 

OLEH : ABDUL RACHMAN THAHA, Anggota Komisi I DPD RI

KASUS Km 50 yang menyebabkan tiga orang anggota Laskar FPI jadi tersangka, dihentikan karena mereka sudah meninggal dunia.

Sementara seorang anggota Polri yang terkait peristiwa itu dikabarkan tewas akibat kecelakaan tunggal. Proses hukum atas dirinya pun niscaya berhenti.

Walau demikian, awam bisa saja memandang mereka bukan sebatas sebagai tersangka atau pun terlapor, melainkan sebagai terpidana alias pelaku.

Itu karena ada anggapan keliru tersangka, terlapor, bahkan terduga pasti bersalah. Penghakiman seperti ini tentu merugikan mereka.

Martabat mereka tercemar akibat opini publik seolah mereka benar-benar sudah terbukti melakukan perbuatan yang dituduhkan.

Lain situasi. Sebagai ilustrasi adalah peristiwa kejahatan seksual terhadap anak. Merujuk UU Perlindungan Anak, korban kejahatan jenis tersebut berhak memperoleh restitusi alias ganti rugi dari pelaku.

Tapi jika pelaku telanjur meninggal dunia sebelum disidang, maka perkaranya gugur. Dengan demikian, secara hukum belum ada orang yang patut disebut sebagai terpidana atau pelaku.

Konsekuensinya, tidak tersedia dasar bagi dikenakannya keharusan bagi pelaku kejahatan seksual tersebut untuk membayar ganti rugi kepada korbannya.

Satu contoh lagi, operasi antiteror yang menewaskan target justru rawan memunculkan polemik. Keluarga target dirugikan akibat stigma yang telanjur dikenakan masyarakat.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Setya Krisna Sumarga
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas