Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Hari Lahir Pancasila

Pancasila Lahir untuk Siapa?

Satu pemeluk agama dengan pemeluk agama lain tak jarang dibenturkan. Ini dilakukan demi nafsu politik dan kepentingan elit.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Pancasila Lahir untuk Siapa?
bpip.go.if
Logo peringatan Hari Lahir Pancasila 2021. 

Penulis: Tony Rosyid
Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa

DEBAT kusir soal hari lahirnya Pancasila terus bergema di setiap tanggal 1 Juni. Tok! Palu sudah diketok melalui Keppres No 24 Tahun 2016. Dan, setiap tanggal 1 Juni jadi hari libur nasional.

Kontroversi tak berhenti. Perdebatan terus mengisi kolom media. Medsos lebih ramai lagi. Antar pakar berdebat dan adu argumentasi.

Masing-masing mempertahankan keyakinannya sendiri. Tak apa. Namanya juga demokrasi.

Tapi, keputusan tetap ada di tangan penguasa. Penguasa berhenti, bisa juga keputusan akan berganti. Bergantung siapa yang dekat dan lebih kuat dalam berargumentasi.

Penting gak penting soal kontroversi ini. Tapi, yang jauh lebih penting adalah menjawab pertanyaan: "kapan Pancasila dilaksanakan?" Ini tentu menjadi substansi.

Sila pertama "Ketuhanan Yang Maha Esa". Apakah perilaku dan sikap politik kita sudah menunjukkan sikap bertuhan?

Faktanya, sejumlah ormas keagamaan dimanfaatkan untuk saling serang dan menebar kebencian.

Satu pemeluk agama dengan pemeluk agama lain tak jarang dibenturkan. Ini dilakukan demi nafsu politik dan kepentingan elit.

Baca juga: Kenapa Hari Lahir Pancasila Diperingati Setiap 1 Juni? Berikut Sejarah Lahirnya Pancasila

Belum lagi bicara soal korupsi. Korupsi itu kontra-Tuhan. Tapi, korupsi seringkali dilakukan berjama'ah. Itu tandanya ramai-ramai melawan Tuhan.

Halaman
123
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas