Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Trotoar, Jalur Khusus Sepeda dan Keadilan di Jalan

Satu yang diuntungkan mereka para pejalan kaki yang memang jadi tujuan pelebaran trotoar ini.

Trotoar, Jalur Khusus Sepeda dan Keadilan di Jalan
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Pesepeda melintas di jalur khusus sepeda di Jalan Sudirman Jakarta, Sabtu (5/6/2021). Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan kebijakan istimewa untuk pesepeda road bike seperti membolehkan melintasi JLNT diakhir pekan dan road bike dapat melintas pada jalur kendaraan bermotor di luar jalur sepeda yang telah tersedia Jalan Sudirman-Thamrin pada Senin-Jumat, mulai pukul 05.00-06.30 WIB. TRIBUNNEWS/ HERUDIN 

Penulis: Jayadi Sulaiman
Pengguna transportasi publik, kadang pesepeda

KEGEMBIRAAN yang terancam. Kalimat itu mungkin yang paling tepat untuk menggambarkan suasana hati para penggemar sepeda di Ibu Kota belakangan ini.

Belum lagi mereka bisa menikmati jalur khusus sepeda di koridor Sudirman-Thamrin yang dibuat oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta, tersiar kabar jalur itu harus dibongkar.

Alasannya, lucu, seperti biasa--keberadaan jalur ini disebut membuat jalan macet.

Lebih lucu lagi, pembuatan jalur khusus sepeda ini dikhawatirkan akan membuat para penghobi kendaraan lain menuntut hal yang serupa.

Seorang wakil rakyat di Senayan, menyebutkan kelompok penghobi motor bisa saja meminta hal serupa yakni minta dibuatkan jalur khusus.

Kapolri yang sempat menyetujui usul itu kemudian akan mengambil langkah untuk melakukan riset terlebih dulu di beberapa kota di negara lain.

Soal yang dicari adalah bagaimana mengatur jalur sepeda yang lebih baik. Dengan kata lain, tidak mengganggu jalur kendaraan lainnya.

Memang harusnya begitu. Apa pun tidak lantas mengambil jalan pintas, tidak setuju lalu dengan mudah membongkar.

Reaksi semacam ini bukanlah kali pertama.

Halaman
1234
Editor: Dewi Agustina
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas