Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Peran Teknologi AI untuk Tingkatkan Pengalaman Pelanggan di Industri Telekomunikasi

Dalam industri telekomunikasi, apa yang terjadi setelah panggilan berakhir sama pentingnya dengan hasil bisnis yang didapatkan pusat kontak

Peran Teknologi AI untuk Tingkatkan Pengalaman Pelanggan di Industri Telekomunikasi
WINX Technologies
Ilustrasi 

Oleh: Ravi Saraogi, Co-Founder and President of Uniphore APAC *)

TRIBUNNEWS.COM - Sejak awal pandemi Covid-19, layanan telekomunikasi menjadi sangat penting untuk berbagai hal, mulai dari bekerja dari rumah, membeli bahan makanan secara daring, sampai belajar-mengajar dari jarak jauh.

Sayangnya, jumlah panggilan dan waktu tunggu untuk layanan pelanggan di industri telekomunikasi juga telah mencatat rekor, yakni masalah pengalaman pelanggan yang menjadi semakin buruk akibat sudah lama tak terselesaikan.

Kebanyakan perusahaan di industri (kecuali penyedia nirkabel) terus bergumul dengan kepuasan dan loyalitas pelanggan buruk yang dialami.

Hal tersebut menimbulkan pertanyaan: bagaimana penyedia telekomunikasi dapat mengubah permintaan yang ada menjadi keuntungan berkelanjutan di masa depan mengingat rekam jejak ketidakpuasan dan churn pelanggan mereka yang tidak begitu bagus?

Panduan untuk terhubung dengan para pelanggan

Walaupun pandemi telah menunjukkan penting adanya koneksi dan telah mendorong tingkat permintaan akan koneksi yang belum pernah terjadi sebelumnya, faktanya perusahaan-perusahaan telekomunikasi masih harus berbuat lebih lagi untuk mempertahankan pelanggan dan meningkatkan pendapatan rata-rata setiap pengguna/ARPU.

Baca juga: Kata Bos Indosat soal Kabar Terbaru Merger dengan Tri

Untuk itu, perusahaan membutuhkan strategi yang menggunakan kekuatan teknologi AI saat ini untuk dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dan para agen.

Berikut beberapa tips bagaimana perusahaan telekomunikasi dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menggunakan conversational AI, otomatisasi, dan teknologi canggih lainnya.

Baca juga: Telkomsel Lebih 3 Kartu Prabayar, Tidak Ada Perubahan Aktivasi Internet

1. Bikin pelanggan senang dengan layanan mandiri yang cerdas

Halaman
1234
Editor: Choirul Arifin
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas