Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Pentingnya Komunikasi Interpersonal ASN

Komunikasi interpersonal akan memberikan warna tersendiri terhadap iklim organisasi yang ditandai dengan adanya tanggung-jawab, komitmen kerjasama tim

Pentingnya Komunikasi Interpersonal ASN
Tribun Jabar/GANI KURNIAWAN
Sejumlah peserta Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) mengikuti tahapan sebelum mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis komputer di Telkom University, Jalan Telekomunikasi, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Baart, Senin (20/9/2021). SKD CASN Kabupaten Bandung 2021 yang diselenggarakan dari 17 - 23 September tersebut diikuti 8.562 peserta yang akan memperebutkan 490 formasi. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

Oleh: Roni Wijaya*)

TRIBUNNEWS.COM - Komunikasi merupakan proses penyampaian informasi dari seseorang kepada orang lain agar orang lain yang menerimanya mengerti dan melakukan apa yang dimaksud dalam informasi tersebut.

Dalam konteks hubungan orang per orang, bentuk komunikasi yang terjadi adalah komunikasi interpersonal.

Komunikasi interpersonal adalah komunikasi antarpribadi. Komunikasi ini juga dapat diartikan sebagai proses pertukaran makna dari orang yang saling berkomunikasi antara satu individu dengan individu lainnya.

Komunikasi interpersonal akan memberikan warna tersendiri terhadap iklim sebuah organisasi yang ditandai dengan adanya tanggung-jawab, komitmen, kerjasama tim, dan inisiatif kerja yang tinggi.

Komunikasi interpersonal juga sangat penting.

Dikutip dari wikipedia untuk meningkatkan hubungan baik antar individu, menghindari dan mengatasi konflik pribadi, mengurangi ketidakpastian, serta berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain.

Baca juga: Bukan Cuma Komunikasi, Ini Cara Mengelola Kecemburuan pada Pasangan

Selain itu juga berguna untuk mengendalikan perilaku, memberi motivasi, sebagai pernyataan emosi, dan memberikan suatu informasi.

Dalam Djamaris (2013: 7), National Association of Colleges and Employers (NACE) telah melakukan survei mengenai kemampuan yang diharapkan dalam dunia kerja menurut kepentingannya.

Baca juga: Rumahtangga di Ujung Tanduk, Ririn Dwi Ariyanti dan Aldi Bragi Tetap Komunikasi Demi Anak

Dari 20 kritera yang diharapkan, kemampuan komunikasi memiliki bobot tertinggi yaitu 4,69 dalam skala 5 disusul kemudian aspek kejujuran/integritas (4,59), kerjasama (4,54), kemampuan interpersonal (4,5). Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) berada pada urutan ke 17 dengan skor 3,68.

Baca juga: Komunikasi Persuasif: Pengertian, Tujuan, dan Strategi

Halaman
1234
Editor: Choirul Arifin
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
Tribun JualBeli
berita POPULER
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas