Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Tawakkal dan Koherensi Hati

Koherensi juga berdampak pada keseimbangan body, otak, dan hati. Keseimbangan tersebut dapat menghantarkan seseorang memiliki self-control

Tawakkal dan Koherensi Hati
Istimewa
Ubaydillah Anwar | Heart Intelligence Specialist 

Tawakkal dan Koherensi Hati

Ubaydillah Anwar, CSC, CPT.  | Heart Intelligence Specialist

TRIBUNNEWS.COM - Lima tahun lalu, sekitar medium Mei 2017, saya termasuk fasilitator pembekalan UMKM oleh Dinas Perindustrian Kab. Cibinong, Bogor. Pesertanya sekitar 30-an pengrajin. Salah satunya adalah Pak Kahar, seorang pengrajin furnitur dari bambu.

Lelaki berusia 42 tahun itu bercerita bagaimana ia membuat dan menjual hasil karyanya. Ia desain ranjang, kursi, atau furnitur lain lalu ia pikul keliling ke kampung-kampung. Hasilnya, ia pakai untuk bayar kontrakan, makan, biaya sekolah anak-anak, dan lain-lain.

“Anak saya enam Pak . . .,” jelasnya polos. Peserta lain penasaran, bagaimana bisa jualan keliling dapat digunakan untuk menghidupi enam anak. “Kalau tidak laku, lalu anak-istri Bapak makan apa?” tanya seorang peserta sambil setengah bercanda.

Dengan sangat meyakinkan, lelaki berkulit coklat itu menjawab. “Belum pernah tidak laku saya jualan keliling. Pokoknya, begitu keluar rumah, saya sudah tawakal kepada Allah. Ada aja yang beli. . . .,” paparnya mengisahkan pengalaman selama bertahun-tahun. 

Semua orang bisa paham bahwa dengan berjualan keliling mungkin sulit untuk memiliki tabungan atau deposito ratusan jutaan. Tapi yang menarik menurut saya adalah Pak Kahar telah menerapkan konsep tawakal dengan sungguh-sungguh.

Dan sebagai balasan, hidupnya mendapatkan garansi dari langit. "Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya," (QS. Ath-Thalaaq: 3).

Garansi langit tidak memandang status sosial, ekonomi, pendidikan atau berbagai kualifikasi buatan manusia. Garansi hanya peduli pada siapa yang mau mempraktikkan, titik. Apakah garansi dapat membuat orang kaya? Kaya itu bab lain. Orang bener bisa kaya dan bandar narkoba juga bisa kaya.

Tingkatan Tawakal

Halaman
123
Editor: Husein Sanusi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas