Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Kuliah Umum Doni Monardo di UMJ Memukau Para Calon Dokter

Doni memenuhi undangan Kaprodi Fakultas Kedokteran UMJ, untuk memberi kuliah umum dengan topik “Lingkungan yang Sehat untuk Tubuh yang Sehat".

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Kuliah Umum Doni Monardo di UMJ Memukau Para Calon Dokter
Istimewa
Doni Monardo memberi kuliah umum dengan topik “Lingkungan yang Sehat untuk Tubuh yang Sehat” disambut tepuk tangan dekan, kaprodi, dosen dan para mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Rabu (3/11/2021) pagi. 

Catatan Egy Massadiah

Doni Monardo langsung menebar senyum dan menghirup napas dalam-dalam, begitu memasuki halaman kampus (A) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), di bilangan Cirendeu, Ciputat. Pasalnya, ia melihat lingkungan kampus yang hijau karena ditanami banyak pohon.

“Sekilas sudah bagus, yang perlu diperhatikan adalah penataannya. Saat ini karena musim hujan, tampak hijau, tapi kalau kemarau bisa kelihatan gersang. Untuk itu perlu penataan. Kalau perlu pohon tambahan, nanti saya kasih,” ujar Doni Monardo, disambut tepuk tangan dekan, kaprodi, dosen dan para mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK) Universitas Muhammadiyah Jakarta UMJ, Rabu (3/11/2021) pagi.

Pagi itu Doni berada di kampus UMJ, memenuhi undangan Kaprodi Fakultas Kedokteran UMJ, untuk memberi kuliah umum dengan topik “Lingkungan yang Sehat untuk Tubuh yang Sehat”.

“Ini adalah kuliah pertama di masa pandemi. Tema kuliah umum selalu mengambil topik di luar ilmu kedokteran secara khusus, tetapi terkait dengan kebutuhan mahasiswa,” ujar Ani Hasibuan, sang tuan rumah.

Ani dalam kata pengantarnya juga mengatakan, Doni Monardo bukanlah ahli lingkungan, sebab dididik dan berkarier di dunia militer.

“Yang menarik, kiprah beliau di bidang lingkungan sangat luar biasa dan mendapat pengakuan banyak pihak. Dedikasinya terhadap lingkungan adalah inspirasi buat kalian para mahasiswa saat kelak terjun ke medan tugas sebagai dokter,” ujar dr Ani yang terkenal karena mengkritisi banyaknya kasus kematian petugas KPPS pada Pemilu 2019 itu.

BERITA TERKAIT

Doa bagi Syuhada

Usai sambutan Dekan FKK UMJ, Dr dr Muhammad Fachri, Sp.P, FAPSR, FISR serta perkenalan oleh moderator dr Muhammad Dwi Putra, Doni pun menuju mimbar.

Kuliah umum yang dilaksanakan secara daring sekaligus luring itu, diikuti tak kurang dari 450 an peserta. Jumlahnya akan lebih besar jika ditambah dengan yang menyaksikannya lewat live-streaming akun YouTube FKK UMJ.

Kehadiran jenderal purnawirawan bintang tiga ke lingkungan kampus, utamanya ke lingkungan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, tentu menjadi magnet tersendiri.

Ditambah nama Doni Monardo yang diketahui publik sebagai Kepala BNPB merangkap Ketua Satgas Covid-19 (2019 – 2021).

“Tanggal 24 Oktober lalu kita merayakan Hari Dokter. Saya minta hadirin semua berdiri, kita berdoa sejenak untuk para dokter dan para tenaga medis yang telah gugur dalam tugas-tugas kemanusiaan,” ujar Doni Monardo di awal kuliah umumnya.

Spontanitas Doni tadi benar-benar menghanyutkan suasana. Lebih dari itu, sangat menyentuh hati para dokter dan mahasiswa kedokteran yang mengikuti acara itu, baik langsung maupun secara daring.

Halaman
1234
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas