Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Menguak Pemikiran Ekonomi Abu Ubayd

Abu Ubaid adalah seorang ilmuwan Islam yang memiliki nama lengkap Abu Ubaid al Qasim bin Sallam bin Miskin bin Zaid al Harawi al Azadi al Baghdadi.

Editor: Hasanudin Aco
Menguak Pemikiran Ekonomi Abu Ubayd
Tangkapan Layar Youtube
Foto ilustrasi. 

Oleh: Kartika Nur Rakhman
Mahasiswa S2 Ekonomi Syariah Universitas Indonesia

TRIBUNNEWS.COM - Abu Ubaid adalah seorang ilmuwan Islam yang memiliki nama lengkap Abu Ubaid al Qasim bin Sallam bin Miskin bin Zaid al Harawi al Azadi al Baghdadi.

Beliau lahir di kota Herat, Provinsi Khurasan yang terletak di sebelah barat laut Afghanistan pada tahun 154 H / 770 M.

Di samping dikenal sebagai seorang ahli Bahasa Arab, Abu Ubayd adalah seorang ulama yang mendalami ilmu qira’at, tafsir, hadits dan ilmu fiqh.

Abu Ubayd pernah menjabat sebagai Qadi di Tartus selama 18 tahun dan kemudian menjadi wali di Khurasan karena kedekatannya dengan penguasa saat itu.

Abu Ubayd mengarang beberapa kitab yang masih bisa kita kaji hingga saat ini.

Disamping mengarang beberapa kitab agama seperti Gharib al-Hadist dan Al -Gharib al Mushannif, Abu Ubayd juga mengarang kitab yang membahas terkait ilmu ekonomi yang beliau beri judul kitab Al Amwal.

Dalam al Amwal, beliau tidak hanya fokus pada pembahasan satu jenis kekayaan saja, melainkan mencangkup semua jenis kekayaan yang dapat diperoleh.

Baik itu kekayaan yang berasal dari sektor pertanian, perdagangan ataupun sumber-sumber lainnya.

Kitab ini memaparkan kejelasan sumber serta kutipan dari rantaian informan yang relevan, baik dari sabda dan perbuatan Rasul.

Halaman
1234
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas