Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Camping Naik Kelas CAF Depok, Komitmen Lestarikan Alam dengan Aksi Penanaman Pohon

Camping Naik Kelas dilaksanakan pada 29-30 Juni 2024 oleh Camping Adventure Family.

Editor: Brand Creative Writer
zoom-in Camping Naik Kelas CAF Depok, Komitmen Lestarikan Alam dengan Aksi Penanaman Pohon
Istimewa
Camping Naik Kelas 2024 digelar pada 29-30 Juni 2024 di Lembah Pinus, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. 

TRIBUNNEWS.COM - Camping Adventure Family atau yang biasa disebut sebagai CAF Depok telah sukses menyelenggarakan kegiatan yang bertepatan pada saat liburan sekolah.  Kegiatan yang dilaksanakan pada 29-30 Juni 2024  ini digelar dengan tema  “Camping Naik Kelas”. 

Tidak hanya sebagai momen kenaikan kelas untuk anak-anak yang masih sekolah saja, acara ini pun juga memberikan kesan naik kelas untuk para peserta yang hadir dalam acara tersebut.

Salah satu nilai penting dalam keberlangsungan acara Camping Naik Kelas tersebut didapatkan dari penanaman pohon di sekitar area camping guna melestarikan lingkungan. 

Buyung Pahlian yang kerap disapa Buyung Gemoy atau Buge, selaku Ketua CAF Region Depok memberikan edukasi basic survival.

Dalam edukasi basic survival ini membahas mengenai bagaimana cara mendirikan tenda, bagaimana cara bertahan di hutan sehingga dapat menciptakan generasi yang tangguh dan tidak hanya bermain gadget.

“Setiap kali dalam kegiatan camping, kami menyempatkan diri untuk menanam pohon sebagai bentuk komitmen kami dalam menjaga kelestarian alam.

Bukan hanya sekedar menikmati keindahan alam, kami juga ingin berkontribusi dalam melestarikan alam dengan aksi menanam pohon. Ini bisa menjadi warisan berharga bagi generasi penerus.”   ungkap Buyung, Minggu (30/6/2024)

BERITA TERKAIT

Hadir juga Jarot Arisona yang merupakan Ketua Bidang Lingkungan Hidup di CAF Indonesia. Jarot menceritakan bahwa selain menjadi tradisi di CAF Depok, melestarikan lingkungan dengan menanam pohon juga merupakan kewajiban CAF yang harus dilakukan secara bersama.  

Jarot Arisona juga mengatakan bahwa yang CAF tanam memang tidak banyak, mungkin hanya 2 sampai 3 pohon, tetapi Jarot berharap yang CAF lakukan bisa menjadi amal ibadah dan juga bermanfaat bagi masyarakat lingkungan sekitar. 

Camping Adventure Family (CAF) Indonesia sudah memiliki lebih dari 22.000 anggota dan juga lebih dari 20 regional yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Hal ini telah resmi terdaftar  pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham) dengan nomor AHU 0003610.AH.01.07.

Tahun 2023. CAF Indonesia yang dikomandoi oleh Aung Suntino ini selalu berkomitmen untuk berperan aktif dalam melestarikan alam, budaya, adat istiadat, dan juga menjalin silaturahmi. Dan tak lupa  untuk membentuk jiwa yang kuat, religious, peduli, tanggung jawab dan sabar.

Tak lupa “Ncank” Iswadi selaku Ketua Pelaksana Camping Naik kelas, mengatakan bahwa kegiatan camping bersama ini menjadi memiliki nilai yang lebih, salah satunya yaitu nilai kepeduliaan terhadap lingkungan dengan aksi menanam pohon.

“Semoga regional-regional lain pun dapat mengikuti apa yang kami lakukan saat ini, di setiap acara camping yang mereka gelar juga dapat melaksanakan aksi menanam pohon di regionalnya masing-masing” ungkap Ketua Pelaksana Camping Naik Kelas.

Pada kesempatan ini keluarga besar CAF Depok pun mengajak para penggiat pecinta alam dan yang memiliki hobi camping untuk dapat mengikuti event-event berikutnya.

Informasi kegiatan dari CAF Depok di FB Grup Info Camping Depok dan IG @caf_depok ataupun CAF Indonesia di FB Grup Camping Adventure Family (cafindonesia) dan IG @infocafindonesia.

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas