Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

NEWSVIDEO: Agar Tidak Seram, Turap Kuburan Dilukisi Motif Batik Khas Jambi

Tujuannya, pertama, mempercantik turap makam sehingga tidak terkesan angker. Kedua, memberdayakan motif-motif batik yang ada di Kota Jambi.

Editor: Sapto Nugroho

Laporan Reporter Tribunnews Video, Eko Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, JAMBI - Ada yang berbeda dengan sejumlah Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kota Jambi saat ini. Beragam motif seni kriya batik menghiasi dinding TPU. Pemandangan ini membuat suasana TPU tidak lagi seram.

Seperti antara lain yang tampak di TPU Singkawang. Sejumlah pekerja tampak mengerjakan lukisan di sepanjang dinding TPU.

"Kalau begitu kan jadi cantik. Tidak seram lagi," ungkap Halimah, warga Broni yang biasa melintasi di kawasan tersebut, Jumat (5/6/2015).

Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Umum Kota Jambi, Moncar mengatakan, ada dua TPU yang dindingnya dilukis seni kriya batik, yaitu TPU Singkawang dan TPU Kebun Jahe.

Moncar menjelaskan, ada dua tujuan yang ingin dicapai pemkot dengan dilaksanakannya kebijakan tersebut.

"Pertama, mempercantik turap makam sehingga tidak terkesan angker. Kedua, memberdayakan motif-motif batik yang ada di Kota Jambi," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Langkah pemkot ini dipuji sejumlah seniman dan budayawan di Kota Jambi. Seperti yang diungkapkan budayawan Junaidi T Noor. Ia mengaku sangat mengapresiasi dan mendukung kebijakan pemkot tersebut.

"Itu sangat bagus. Selain untuk melestarikan batik, ini juga bisa memunculkan kembali berbagai motif batik yang mungkin sudah lama tidak dilihat. Kita sangat mendukung sekali," tutur Junaidi.(*)

Sumber: Tribun Jambi
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas