Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Batam Gudangnya Barang Tiruan, Produk KW Akhirnya Dirazia

"Earphone Beats itu yang paling murah harganya Rp 1,5 juta. Namun yang kami temukan di sini harganya Rp 75 ribu," ujar Gregorius Upi.

Laporan Reporter Tribunnews Video, Hadi Maulana

TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Setelah banyaknya laporan kerugian dari pemilik merek, akhirnya Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kepri melakukan razia terhadap produk tiruan atau yang kerap dikenal dengan produk KW itu, Kamis (27/8/2015).

Razia tersebut dilakukan di kawasan Pusat Ponsel Lucky Plaza, Nagoya, Batam, Kepulauan Riau.

Namun sayang, razia ini terkesan bocor, sebab tidak sedikit toko ponsel yang ada di kawasan itu telah lebih dahulu menutup tokonya.


Razia terhadap produk tiruan di kawasan Pusat Ponsel Lucky Plaza, Nagoya, Batam, Kamis (27/8/2015). (Tribun Batam/Hadi Maulana)

Gregorius Upi, selaku kuasa hukum dari tiga perusahaan ponsel dan asesoris ternama, di antaranya iPhone, Samsung, dan Beats mengatakan, razia ini dilakukan setelah kliennya membuat laporan ke Mabes Polri dan kemudian dilimpahkan ke Polda Kepri terkait banyaknya produk KW dari merk iPhone, Samsung, dan Beats beredar di Batam.

"Earphone Beats itu yang paling murah harganya Rp 1,5 juta. Namun yang kami temukan di sini harganya Rp 75 ribu," ujarnya.

Pengaduan yang dilayangkan kliennya, tambah Gregorius, berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang merek.

Bagi para pedagang juga dijerat dengan pasal 29 undang-undang tersebut tentang yang memperdagangkan barang-barang bermerek palsu.(*)

Editor: Sapto Nugroho
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas