Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ditolak KPU, Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta Ini Sampaikan Permintaan Terakhir Bak Terpidana Mati

Pendaftarannya ditolak oleh KPU karena hingga pukul 16.00 WIB tidak ada calon wakil gubernur dan berkas dukungan.

Penulis: Amriyono Prakoso
Editor: Willem Jonata

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Amriyono Prakoso

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Upaya bakal calon Gubernur DKI Jakarta Jamaludin berakhir dramatis.

Ia datang di menit-menit akhir penutupan pendaftaran berkas calon perseorangan untuk bertarung di Pilkada DKI Jakarta 2017.

Namun, Jamaludin yang datang sendiri ke Kantor KPU DKI Jakarta pada pukul 15.57 WIB, dinyatakan ditolak oleh KPU karena hingga pukul 16.00 WIB tidak ada calon wakil gubernur dan berkas dukungan.

"Mohon maaf, karena bapak Jamaludin belum dapat menyerahkan berkas dan wakil bapak juga belum datang, maka sesuai dengan peraturan, pendaftaran berkas pasangan calon harus ditutup," ujar Ketua KPU DKI Jakarta, Minggu (7/8/2016).

Bak terdakwa, Jamaludin meminta kata-kata terakhir kepada Komisioner KPU agar tetap menerima pendaftarannya meski berkas dukungan baru datang sekira pukul 16.05 WIB.

"Saya kan seperti Freddy Budiman nih, saya minta permintaan terakhir boleh ya? Saya minta KPU tetap menerima dukungan saya dulu, sisanya nanti menyusul," pinta Jamaludin.

BERITA TERKAIT

Pria yang memakai baju Pangsi khas Betawi itu mengatakan bahwa dirinya sudah mengumpulkan KTP selama tiga bulan dengan jumlah dukungan yang tidak disebutkan.

KPU mengapresiasi sikap kenegarawanan Jamaludin yang mau menerima konsekuensi keterlambatan dirinya dan semua dukungan yang sudah dikumpulkan, tidak dapat diterima penyelenggara.

"Tidak mudah untuk mengumpulkan KTP selama tiga bulan dan sikap Negarawan Pak Jamal harus diapresiasi," jelas Sumarno.

Jamaludin berniat untuk menjadi pasangan calon gubernur DKI Jakarta bersama Armen Rustam Effendi melalui jalur independen. Ia ingin membuktikan warga Betawi dapat memimpin D⁠⁠⁠⁠KI Jakarta.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas