Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Tiga Calon Kuat Pemimpin Keraton Yogyakarta

Jika dilihat dari sisi keilmuan, bisa dipetakan dalam aristokrasi pohon keturunan.

Tiga Calon Kuat Pemimpin Keraton Yogyakarta
KOMPAS/HARIS FIRDAUS
Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X membacakan sabda tama atau amanat di Bangsal Kencana Keraton Yogyakarta, Jumat (6/3/2015). Dalam sabda tama itu, Sultan meminta para kerabat keraton tidak lagi berkomentar tentang kemungkinan pergantian raja di Keraton Yogyakarta. 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Sosok siapa yang nantinya akan menjadi pemimpin Keraton Yogyakarta adalah sepenuhnya tugas dari Raja.

Namun demikian, Jika dilihat dari sisi keilmuan, bisa dipetakan dalam aristokrasi pohon keturunan.

Dosen Jurusan Politik dan Pemerintahan Fisipol Universitas Gajah Mada (UGM) Bayu Dardias K menjelaskan, berdasarkan pemetaan itu, terdapat 15 nama yang mungkin bisa menggantikan Sri Sultan HB X. Mereka terdiri dari empat putri Sultan dan 11 adik Sultan yang masih hidup.

Dari jumlah itu, lanjut Bayu, tiga di antaranya memiliki potensi kuat untuk menduduki posisi Raja berdasarkan keilmuan.

Mereka antara lain GKR Pembayun (putri tertua Sri Sultan HB X), Hadiwinoto dan Prabukusumo, keduanya saudara Sri Sultan.

"Dilihat dari pemetaan, tiga kandidat tersebut memiliki potensi yang sama-sama kuat," tandas Bayu dalam Academic Roundtable Discussion "Politik Keistimewaan di Yogyakarta, Harta, Tahta, dan Perebutan Kuasa" di Fisipol UGM, Senin (23/3/2015).

Namun demikian, Bayu menegaskan, pemilihan calon pemimpin Keraton Yogyakarta hak dari Raja, dalam konteks ini adalah Sri Sultan HB X.

Penulis: Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

  Loading comments...
berita POPULER
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas