Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dua Tahun Usia Toserbaku, Tumbuh Bersama Tetangga Tuku

Toserbaku, lini bisnis dari Toko Kopi Tuku yang bergerak pada industri cendera mata, bulan ini merayakan hari jadi yang kedua di Toserbaku Cipete.

zoom-in Dua Tahun Usia Toserbaku, Tumbuh Bersama Tetangga Tuku
dok. Toko Kopi Tuku (TUKU)
Toserbaku, lini bisnis dari Toko Kopi Tuku yang bergerak pada industri cendera mata, bulan ini merayakan hari jadi yang kedua di Toserbaku Cipete. 

TRIBUNNEWS.COM - Toko Serba Tuku (Toserbaku), lini bisnis dari Toko Kopi Tuku (TUKU) yang bergerak pada industri cendera mata, bulan ini merayakan hari jadi yang kedua di Toserbaku Cipete. Dalam perayaan ini, Toserbaku berkolaborasi dengan Stuffo, jenama lokal yang bergerak pada bisnis daur ulang limbah (upcycling) sejak 2016.

Bersama-sama, Toserbaku dan Stuffo mengajak Tetangga Tuku (sebutan untuk pelanggan TUKU) menukarkan cup bekas minuman Toserbaku atau TUKU dan mengikuti aktifitas mengolah limbah tersebut menjadi pouch dan juga anting.

Berawal dari proyek pengarsipan banner bekas pameran seni dan festival budaya, Stuffo yang diinisiasi oleh MG Pringgotono (Seniman/Founder Stuffo) mengubah limbah tersebut menjadi beberapa bentuk tas yang unik. Bukan hanya tas, sekarang Stuffo juga membuat beberapa produk furniture seperti bangku dan meja yang terbuat dari 90 lapis banner.

Stuffo juga berinovasi dengan mengolah limbah kantong kresek yang kemudian dijadikan ke dalam beberapa bentuk produk seperti asbak saku, cover buku, dan masih banyak lagi. Sejalan dengan komitmen Toserbaku, dengan bangga menghadirkan produk-produk yang berasal dari limbah daur ulang. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk dedikasi Toserbaku yang tidak hanya ramah bagi Tetangga Tuku, tetapi juga untuk lingkungan.

Selain itu, Stuffo sendiri juga memiliki program edukasi mengenai limbah plastik yang disebut "Operasi Plastik". Melalui Operasi Plastik, setiap peserta nantinya akan belajar mengolah limbah hingga menjadi produk dengan alat-alat sederhana. Program edukasi ini bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat bahwa kita bisa mengolah limbah dengan alat yang ada di rumah.

Toserbaku akan terus menghadirkan produk cendera mata yang berkualitas dengan fokus pada penggunaan sehari-hari oleh Tetangga Tuku (sebutan untuk pelanggan Tuku). Hal ini untuk mendukung dan menjaga relevansi dari misi TUKU yakni dekat dengan keseharian Tetangga Tuku.

“Toserbaku hadir untuk memenuhi kebutuhan Tetangga Tuku sehari-hari. Masih dalam memegang prinsip keberlanjutan, Toserbaku berkolaborasi dengan Stuffo untuk mengolah limbah bekas spanduk TUKU menjadi barang dengan nilai guna baru seperti tas, pouch dan gantungan kunci,” kata Vella Siahaya, Chief Experience Officer TUKU.

BERITA TERKAIT

Sebagai salah satu lini bisnis yang dimiliki TUKU, Toserbaku terus menunjukkan pertumbuhan dan inovasi yang konsisten. Slushy Kopi Susu Tetangga, versi ice blend menjadi salah satu produk yang banyak digemari Tetangga Tuku.

Tidak berhenti sampai di situ, saat ini Toserbaku menawarkan tiga varian rasa yakni Kopi Susu Tetangga, Teh Susu Tetangga dan Susu Kelapa yang eksklusif hanya tersedia Toserbaku Malang. Toserbaku juga meluncurkan dua varian baru di momentum ulang tahun ini, yaitu varian Es Doger dan Es Cokelat Toserbaku Cipete dan Pop-up Toserbaku BSD yang dapat ditemui di Toko Kopi Tuku BSD.

Toserbaku mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang signifikan di tahun keduanya, dengan peningkatan year-on-year YoY sebesar 125,24 persen. Prestasi ini didorong oleh pertumbuhan SKU dan kolaborasi strategis dengan kolaborator lokal seperti Sabine and Heem, Tiga Mata Sapi, Lirikaku, serta kolaborasi internasional bersama Disney Pixar di tahun 2023 yang menghadirkan seri cendera mata khusus Tetangga Tuku Kecil.

”Dengan inovasi produk dan kolaborasi, Toko Serba Tuku yakin dapat terus meningkatkan performa bisnis dan bertumbuh untuk memudahkan keseharian Tetangga Tuku.” tutup Vella.

Baca juga: Festival Tetangga Tuku Hadir Rayakan 9 Tahun Toko Kopi Tuku

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas