News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Penangkapan Ikan Meningkat, Kredit Perbankan Naik

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kapal nelayan asing ditenggelamkan di wilayah Laut Belawan, Medan, Sumatera Utara, Kamis (8/1/2015). Kapal ikan milik nelayan asal Malaysia yang ditangkap Polisi Air ketika sedang mencuri ikan ditenggelamkan dengan cara diledakkan oleh Kepolisian Daerah Sumatera Utara.TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengklaim adanya moratorium kapal asing menangkap ikan di Indonesia, berdampak positif terhadap peningkatan perolehan nelayan dalam negeri.

Direktur Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dan Pengembangan Usaha KKP Riyanto Basuki mengatakan, ilegal fishing bisa dihilangkan dan moratorium kapal asing dapat terus dilakukan, maka dipastikan dapat meningkatkan potensi ikan tangkap yang saat ini sudah mencapai 6,817 juta ton.

"Ini kesempatan besar untuk kembangkan perikanan kita," kata Riyanto, Jakarta, Selasa (10/2/2015).

Dengan potensi yang besar bagi nelayan, Riyanto pun menilai perbankan akan lebih mudah dalam menyalurkan kredit untuk sektor kemaritiman. Salah satunya, pada segmen perikanan.

"Perbankan untuk pembiayaan galangan kapal, mesin kapal, mungkin kalau kita bisa menangkap peluang ini sebagai potensi yang besar," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini