News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Turis Asal China Bisa Pulihkan Pariwisata Indonesia di Masa Pandemi Covid-19, Tujuan Favoritnya Bali

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sejumlah turis China mendominasi kunjungan di Pantai Kelan, Badung, Selasa (23/10/2018). Pariwisata Bali dijual murah kepada wisatawan China. TRIBUN BALI/I NYOMAN MAHAYASA

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur dan Ratuboko, Edy Setijono, menyebut turis asal China menjadi harapan untuk pemulihan pariwisata Indonesia.

Menurutnya, turis asal China memiliki potensi untuk mengembangkan dan memulihkan sektor pariwisata Indonesia yang terkena dampak Covid-19.

"Kita harapkan turis asal China dapat berdampak kepada wisata Indonesia, karena negara ini memegang posisi kedua setelah Malaysia untuk kedatangan wisatawan ke Indonesia," ucap Edy dalam diskusi online, Jumat (17/7/2020).

Sementara itu menurut Duta Besar Indonesia untuk Republik Rakyat China (RRC) dan Mongolia, Djauhari Oratmangun berdasarkan data hingga 17 Juli 2020 topik yang sering dibicarakan warganet di China adalah Bali yang mencapai 370 kali.

"Pada 4 Juli 2020 saja, sudah nyaris satu juta partisipan warga negara China yang ingin mengunjungi Bali setelah Covid-19 selesai," ucap Djauhari.

Djauhari juga mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan promosi untuk merangsang wisatawan dari mancanegara khususnya China untuk ke Indonesia.

Selain itu Djauhari juga menyoroti konektivitas penerbangan yang ada di Indoensia.

"Ketika konektivitas sudah ada, para wisatawan ini akan berkunjung ke Bali, Manado, yang ada penerbangan langsung," ucap Djauhari.

"Kami juga sedang membuat hastag #workingfromindonesia, untuk membuat minat wisatawan datang ke Indonesia," tambah Djauhari.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, juga mengutarakan hal serupa.

Kata dia banyak warga negara China ingin berlibur ke Indonesia. Menurutnya, salah satu tujuan warga negara China ini adalah Bali yang kini menjadi tempat wisata yang paling diminati turis.

Baca: 7 Kuliner Khas Bali yang Enak dan Wajib Dicoba, Coba Sate Lilit yang Rendah Lemak

Terkait hal tersebut, lanjut Perry, pihaknya telah melakukan banyak pendekatan untuk yang ingin berwisata ke Indonesia.

"Kawasan wisata Bali ini sangat diminati oleh warga China, jadi berpotensi sekali untuk pemulihan sektor pariwisata," ujar Perry.

Ia juga menambahkan, saat ini pemerintah juga tengah menyusun protokol kesehatan untuk para wisatawan mancanegara yang ingin ke Indonesia.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini