News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Manfaatkan Waktu Luang, Yuk, Asah Kreativitas dengan Papercraft!

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Rauf Raphanus, Founder Komunitas Peri Kertas saat sedang memperagakan pembuatan papercraft.

TRIBUNNEWS.COM - Pandemi yang terjadi membuat masyarakat mencari berbagai kegiatan baru untuk mengisi waktu luang dengan lebih menyenangkan. Mulai dari bersepeda, berkebun di teras rumah, hingga membuat kopi dalgona.

Namun, tak sedikit pula yang memanfaatkannya dengan mengasah kreativitas seperti membuat prakarya berupa papercraft

Mirip seperti origami yang merupakan seni melipat kertas, bedanya papercraft memiliki tingkatan yang lebih sulit karena membutuhkan aktivitas melipat, menggunting, dan menempel kertas hingga menjadi sebuah karya 3D.

Namun sebelum membuat papercraft, kamu perlu menentukan desain yang akan dibuat dan mencetaknya terlebih dahulu.

Founder Komunitas Peri Kertas, Rauf Raphanus mengungkapkan, membuat papercraft bisa dilakukan oleh siapapun. Bahkan, selain mengasah kreativitas, dengan membuat papercraft  atau ichinogami juga bisa mengembangkan konsentrasi dan kemampuan.  

Maka dari itu, di tahun 2009 dirinya pun membentuk Komunitas Peri Kertas sebagai wadah bagi orang-orang yang memiliki kesukaan pada hobi papercraft yang bersifat umum dan terbuka bagi semua orang, tanpa terikat umur maupun profesi.

“Ketika kita saling membagi informasi dan saling diskusi, disitu tercipta kita bisa saling menginspirasi satu sama lain,” ujar Rauf dalam program Tribun Inspirasi Lokal episode 3.

Komunitas Peri Kertas ini adalah tempat berkumpulnya pecinta Papercraft se-Indonesia. Tak hanya membuat karya, melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukannya, Komunitas Peri Kertas juga telah mendapatkan sejumlah penghargaan seperti meraih dua kali rekor MURI untuk kategori papercraft terbanyak dilakukan di satu tempat dan papercraft tertinggi di Indonesia.

Kenalkan ke masyarakat dan ciptakan peluang bisnis lewat papercraft

Hingga saat ini, kurang lebih Peri Kertas memiliki anggota berjumlah kurang lebih 20.000 orang dan tersebar di berbagai kota di Indonesia dengan tugas utama menyebarkan informasi tentang hobi Papercraft kepada masyarakat.

Selain menjadi suatu hobi yang menyenangkan, Rauf mengungkapkan papercraft ini bisa menjadi suatu peluang bisnis lewat tim Ichinogami yang dimiliki Komunitas Peri Kertas.

“Dari teman-teman yang awalnya hobi, lalu suka menggali kemampuan lagi dengan belajar dan mencari tahu tentang papercraft lebih banyak dan akhirnya ketika ada yang mau go professional mereka bisa join, ada tim kami yaitu ichinogami,” jelas Rauf.

Rauf menjelaskan, dengan tim profesional, tim ichinogami memang betul-betul menjawab kebutuhan brand atau company yang ingin melakukan bisnis dengan papercraft. Salah satu kerja sama yang dilakukan ialah bersama dengan HP di mana Komunitas Peri Kertas mengajarkan bagaimana membuat papercraft yang ada di https://printables.hp.com/id/id.

Nah, jika kamu juga tertarik dengan seni gunting-lipat-tempel kertas yang satu ini, kamu bisa mengasah kreativitasmu dengan ikutan HP Printables Contest yang merupakan kegiatan kolaborasi HP dengan Tribunnews. 

Melalui kegiatan ini, HP mengundang UMKM lokal yang berkreasi dengan bentuk papercraft untuk berkolaborasi dan menampilkan karyanya. Periode pendaftaran untuk pencarian lokal kreatif yang berkreasi menggunakan kertas dalam bentuk papercraft ini yaitu 25 Oktober sampai 25 November 2021.

Berikut syarat dan ketentuan untuk program HP Printables Contest.

  1. Printables yang dibuat harus memiliki konten yang dapat digunakan oleh UMKM lainnya dengan tema bebas. Misal: template airplane yang bisa di cetak di atas kertas tebal dan dibentuk menjadi produk yang memiliki nilai jual.
  2. Printables dalam bentuk file PDF ukuran letter (8.5x11) dan dibawah 5MB. Submit juga video tutorial berdurasi 1 menit dalam pembuatan printables tersebut dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang mudah dimengerti. 
  3. Untuk penamaan file desain Printable untuk memudahkan referensi adalah judul printables yang singkat contoh : “sea turtle.pdf”
  4. Printables boleh mengandung logo brand dalam bentuk format Vector/PNG, latar harus transparan. Klik disini untuk melihat CONTOH. 
  5. Submit printables video tutorial tersebut ke minisite HP Printables Contest dan isi data diri kalian, serta upload di social media IG/FB. 
  6. Contoh printables bisa di lihat pada https://printables.hp.com/id/id/ 

Selain mengasah kreativitas dengan papercraft, HP Printables Contest ini juga jadi kesempatan kamu untuk berkolaborasi dengan UMKM melalui karya papercraft dan pastinya meraih cuan! Jadi, yuk, daftar sekarang! Klik disini untuk daftar. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini