News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

G20 di Indonesia

Jadwal Rangkaian Side Event Presidensi G20 di Labuan Bajo, Ini Persiapan BPOLBF

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Spot waterfront Labuan Bajo Flores dipantau dari udara

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRUBNNEWS.COM, JAKARTA -- Beberapa side events atau gelaran pendamping dari Presidensi G20 sudah berlangsung sejak pertengahan Maret lalu. Berikut ini rangkaiannya.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina menerangkan, Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi side event penyelenggaraan konferensi G20 selain menjadi sebuah isu penting juga sekaligus mengembangkan pariwisata berkelanjutan di Nusa Tenggara Timur.

Termasuk, lanjut dia, pengembangan ekonomi digital setempat lewat jalur UKM dan UMKM. BPOLBF, ucap Shana, sangat mendukung kolaborasi pentahelix bersama dengan seluruh pemangku kepentingan di Labuan Bajo.

Baca juga: Presidensi G20 Indonesia Jadi Momentum Dorong Kolaborasi Global Berkelanjutan

"Demi menyokong penyelenggaraan KTT G20 Presidensi Indonesia. Kami bahu membahu terus memaksimalkan hubungan dengan para stakeholder, mulai dari pelaku usaha hingga komunitas dan juga media," ujar Shana dalam keterangannya, Rabu (23/3/2022).

Shana berujar, berbagai persiapan dimantapkan, mulai dari ketersediaan kamar hotel, kesiapan infrastruktur, hingga paket wisata ke berbagai destinasi wisata di Labuan Bajo dan kabupaten sekitarnya.

Menurutnya, paket-paket wisata menarik akan ditawarkan agar nantinya masa tinggal para peserta konferensi bisa lebih lama.

Baca juga: Momentum Presidensi G20 Dorong Peningkatan Sektor Pertanian

"Selain itu, di beberapa spot, kami juga mengajak masyarakat pelaku UMKM dan UKM menawarkan produk-produk kreatifnya. Mulai dari kain hingga kopi dan makanan khas sebagai wajah Labuan Bajo. Tentu ini dengan aturan protokol kesehatan yang ketat," imbuh Shana.

Setidaknya akan ada 12 side meeting akan digelar sepanjang periode Maret 2022 hingga November 2022 di Labuan Bajo. Terdapat penambahan 5 agenda acara dari yang semula direncanakan 7 Side Meeting.

Shana Fatina menjelaskan, bahwa dampak ekonomi langsung yang akan dirasakan di kawasan Labuan Bajo dan sekitarnya diprediksi bisa mencapai 3 juta dolar AS.

Baca juga: Presidensi G20 Indonesia Dinilai Jadi Katalis Transformasi Ekonomi

Berikut adalah jadwal beberapa gelaran pendukung KTT G20 Presidensi Indonesia yang mengambil lokasi di Labuan Bajo, Flores dan sekitarnya:

1. 14-16 Maret 2022
[RTG] Seminar Asia Internasional Water Week

2. 10-11 Mei 2022
1st TWG Meeting (Kemenparekraf)

3. Juni 2022
SAI20 Senior Official Meeting & Seminar (BPK)

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini