News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Apartemen Kurang Diminati Masyarakat Indonesia, Ini Penyebabnya

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi apartemen

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Country Manager Rumah.com Marine Novita menjelaskan minta masyarakat membeli apartemen tidak setinggi rumah tapak.

Menurutnya, ada dua penyebab masyarakat tidak terlalu tertarik dengan produk hunian vertikal.

“Pertama nilai lebih untuk harga yang sama dengan membeli rumah tapak dan alasan kedua adalah ketidaksukaan tinggal di gedung bertingkat tinggi,” kata Marine dalam keterangan, Jumat (22/4/2022).

Baca juga: Cara Mudah Hadirkan Hunian Berkonsep Japandi Style, Dimulai dengan Pemilihan Warna

Berdasarkan survei Consumer Sentiment Survey H1 2022, sebanyak 98 persen responden memilih hunian rumah tapak, dan hanya 2 persen yang menjadikan apartemen sebagai pilihan utama.

Marine menegaskan kondisi pandemi kemungkinan ikut menekan minat terhadap apartemen setidaknya dalam jangka waktu dekat ini.

Selama pandemi berlangsung, Pemerintah dan dunia usaha mengeluarkan kebijakan bekerja dari rumah (WFH) dan belajar dari rumah yang berpengaruh terhadap fenomena tersebut.

Baca juga: Ketersediaan Hunian Milenial Sangat Krusial, Erick Thohir Dorong Kolaborasi BUMN

Beberapa alasan lainnya responden tidak memilih apartemen karena rumah tapak dapat ruang lebih luas, tidak mau tinggal di gedung tinggi, tidak bisa diperluas, khawatir status kepemilikan, terikat biaya iuran, kurang ada privasi.

”Sebanyak 39 persen responden survei menyatakan bahwa dengan harga yang sama, rumah tapak memberikan ruang yang lebih luas daripada apartemen,” kata Marine.

“Bagi mereka yang sudah menikah dan punya anak bahkan kecenderungannya lebih tinggi lagi, hingga mencapai 56 persen responden menyatakan alasan tersebut,” lanjutnya

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini