News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

KKP: Teknologi Kunci Pembangunan Smart Fisheries Village

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kepala Badan Riset dan Sumber daya Manusia Kelautan dan Perikanan KKP (BRSDM KKP) I Nyoman Radiarta saat Bincang Bahari Smart Fisheries Village, Kamis (21/7/2022).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Kelautan Dan Perikanan (KKP) memaparkan pentingnya pembangunan Smart Fisheries Village (SFV), yang merupakan program prioritas untuk pengembangan kampung nelayan.

Kepala Badan Riset dan Sumber daya Manusia Kelautan dan Perikanan KKP (BRSDM KKP) I Nyoman Radiarta berujar, penting untuk memperhatikan sejumlah aspek untuk pembangunan SFV.

"Pertama, kita tetap memperhatikan aspek-aspek lingkungan, aspek-aspek keberlanjutan pemanfaatan lahan untuk meningkatkan produktivitas budidaya perikanan itu sendiri," ujar Radiarta saat Bincang Bahari Smart Fisheries Village, Kamis (21/7/2022).

Baca juga: KKP Optimalisasi Kinerja Ruang Laut Sesuai Prinsip Ekonomi Biru

Menurut Radiarta, penting untuk memperhatikan aspek-aspek yang ramah lingkungan dalam implementasi pembangunan SFV. Selain itu, juga aspek modernisasi terutama dalam sarana dan prasarana budidaya perikanan.

"Seperti melakukan pencatatan secara komputasi, terobosan pemasaran, hingga melakukan riset sederhana," kata Radiarta.

Baca juga: KKP: Pemanfaatan Ruang Laut Harus Terkoordinasi Dan Terintegrasi

Untuk mengembangkan kampung nelayan, ucap Radiarta, perlu dilakukan bersama-sama untuk memecahkan persoalan yang ada. Masyarakat perlu diberikan pemahaman, keahlian, sehingga dapat melakukan pengembangan.

"Aspek teknologi juga menjadi kunci pemanfaatan SFV, yaitu dengan memanfaatkan teknologi-teknologi terkini yang sudah berkembang. E-commerce, start up, ini saatnya untuk mengkombinasikan," tutur Radiarta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini