News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

KKP Kembangkan Kawasan Konservasi Melalui Insan Terang Lautra

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi kapal nelayan

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan, menyiapkan kegiatan peningkatan Infrastruktur Kawasan Terumbu Karang Lautan Sejahtera (Insan Terang Lautra), guna mendukung program ekonomi biru melalui penambahan luasan kawasan konservasi.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Sesditjen PRL), Hendra Yusran Siry mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas pengelolaan kawasan konservasi sesuai program prioritas KKP.

Nantinya, Insan Terang Lautra bakal direncanakan efektif pada pertengahan 2023.

Baca juga: Thuraya Jajaki Layanan Komunikasi Satelit untuk Sektor Kelautan Hingga Oil and Gas di Indonesia

"Proyek Insan Terang Lautra akan dilaksanakan di Zona 3 dan kawasan konservasi pendukung Zona 3 yang tersebar di 15 Kawasan Konservasi pada 10 Provinsi. Meliputi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Papua serta 3 WPPNRI 714, 715 dan 718," ujar Hendra dalam keterangannya, Minggu (20/11/2022).

Lebih lanjut, Hendra mengatakan, Insan Terang Lautra, ditujukan bagi pengelolaan kawasan konservasi yang memiliki sumberdaya kelautan dan perikanan.

Seperti ekosistem terumbu karang, padang lamun serta keanekaragaman hayati secara lestari untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Kata dia, total luasan kawasan konservasi di 10 provinsi lokasi proyek Insan Terang Lautra adalah sebesar 6.397.724,62 hektare, atau 22,52 persen dari seluruh kawasan konservasi dengan luas terumbu karang sebesar 261.319,93 hektare.

"Ini merupakan 10,45 persen dari luas terumbu karang Indonesia yang diperhitungkan mencapai 2,5 juta hektare dan zona rehabilitasi yang telah dialokasikan seluas 68.840,63 hektare," tuturnya.

Terkahir, Hendra berharap kegiatan Insan Terang Lautra dapat meningkatkan pengelolaan terumbu karang dan evektifitas pengelolaan kawasan konservasi.

Baca juga: Kementerian Kelautan dan Perikanan Lepas Ekspor 11 Ribu Ekor Benih Ikan Kerapu ke Malaysia 

"Mendukung perikanan berkelanjutan dan penghidupan masyarakat pesisir melalui penambahan luas kawasan konservasi, penguatan infrastruktur konservasi dan perikanan, penguatan infrastruktur ekonomi masyarakat, pengembangan kapasitas dan pendanaan berlelanjutan," tegasnya.

Adapun Insan Terang Lautra dilaksanakan sejalan dengan kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono melalui 5 program prioritas KKP yang mendukung ekonomi biru.

Pertama, perluasan konservasi laut, kedua penangkapan ikan terukur berbasis kuota. Ketiga, pengelolaan budidaya laut, pesisir dan pedalaman, Keempat, pengelolaan berkelanjutan pesisir dan pulau-pulau kecil, serta terakhir pengelolaan sampah plastik di laut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini