News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mudik Lebaran 2023

Jalur Pansela Siap Jadi Alternatif Mudik Lebaran, Kementerian PUPR Siapkan SPBU dan PJU

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Akhmad Cahyadi bersama Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno dan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri saat meninjau jalur Pantai Selatan di Malingping, Banten, Kamis (19/1/2023).

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz 

TRIBUNNEWS.COM, BANTEN - Kementerian PUPR meninjau fasilitas jalur Pantai Selatan (Pansela) menjelang mudik Lebaran 2023 dengan mengajak serta pejabat Kementerian Perhubungan dan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. 

Jalur Pansela berada lima provinsi yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga Jawa Timur.

Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Akhmad Cahyadi mengatakan lintas Pansela telah diinisiasi oleh Kementeriannya sejak 2004.

"Di lintas Pantai Selatan Jawa ini adalah lintas yang sudah lama kita inisiasi oleh Kementerian PUPR sejak tahun 2004. Panjang seluruhnya itu nanti 1.543 KM melalui 5 provinsi," katanya kepada awak media di Malingping, Banten, Kamis (19/1/2023).

Dari panjang jalur Pansela sejauh 1.543 km, Cahyadi menyebut masih ada 229 km di provinsi Jawa Timur yang sekarang masih dalam proses pengerjaan. 

"Inshallah dalam beberapa tahun, dua hingga tiga tahun ini bisa tersambung," ujarnya. 

Tinjauan Pansela kali ini dimulai di Provinsi Banten. Cahyadi berujar masih ada kekurangan terutama pada penerangan jalan dan pada rambu-rambu.

"Jadi, isunya tiap tahun kita arus mudik Lebaran, Nataru, dan lain-lain, isunya di Pansela itu gelap. Makanya perlu kita nambahin Penerangan Jalan Umum (PJU)," katanya. 

Baca juga: Jelang Tahun Baru, Pertamina Pastikan Kesiapan Layanan BBM dan LPG di Jalur Pansela Jawa Barat

Selain PJU, SPBU tempat peristirahatan (rest area) turut jadi perhatian. 

Kata Cahyadi, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga telah melakukan survei di berbagai tempat yang bisa dibangun rest area. 

"Pak Menteri PUPR telah menginstruksikan kepada kami untuk melakukan survei dan disiapkan untuk mungkin enggak dalam waktu dekat, ya bisa setahun dua tahun, tetapi kita sudah mulai inisiasi untuk menyiapkan rest area itu," ujarnya. 

Baca juga: Persiapan Mudik Lebaran 2023, Korlantas Polri Akan Lakukan Survei Jalur untuk Kenyamanan Masyarakat

Sepanjang jalur Pansela, rencananya ada 23 titik SPBU rest area dari Banten sampai ke Jawa Timur yang akan dibangun. 

Di Banten ada dua, kemudian di Jawa Barat ada enam, Jawa Tengah ada sembilan, dan di Jawa Timur ada enam. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini