News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Sambut Kedatangan Turis, Pemerintah Hong Kong Siapkan 500.000 Penerbangan Gratis

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pesawat-pesawat milik Cathay Pacific di Bandara Hongkong. John Lee pemimpin Hong Kong berencana memberikan 500.000 tiket penerbangan gratis untuk para turis yang akan melakukan kunjungan perjalanan hingga bisnis ke negaranya.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, HONG KONG – John Lee pemimpin Hong Kong berencana memberikan 500.000 tiket penerbangan gratis untuk para turis yang akan melakukan kunjungan perjalanan hingga bisnis ke negaranya.

Pengumuman ini diungkap setelah tiga tahun terakhir wilayah Hong Kong mengisolasi diri dengan menutup jalur perbatasan, untuk menekan penyebaran COVID-19 yang menggila.

"Hong Kong sekarang terhubung ke China daratan dan seluruh dunia internasional, dan tidak akan ada isolasi, tidak ada karantina dan tidak ada batasan untuk menikmati keramaian dan hiruk pikuk kota dunia Asia," kata Lee pada Kamis (2/2/2023).

Baca juga: Anak-anak yang Berdomisili di Tokyo Jepang Bakal Dapat Subsidi 5.000 Yen per Bulan

Lewat peluncuran program "Halo Hong Kong" yang dihadiri oleh berbagai pejabat termasuk dari departemen pariwisata, perdagangan dan penerbangan kota, presiden Lee menjelaskan bahwa kini para pelancong yang datang ke negaranya tak lagi diwajibkan untuk melakukan karantina selama tiga pekan dan pemindaian intensif.

Seperti yang dikutip dari Channel News Asia kampanye ini digelar dengan tujuan untuk menarik hati para pelancong dan investor asing, sehingga Hong Kong dapat memacu sektor bisnis dan investasi.

Terlebih selama beberapa tahun terakhir perekonomian negara ini telah mengalami kemunduran tajam akibat pembatasan wilayah, melalui program ini diharap seluruh sektor yang ada di Hongkong termasuk bisnis, pariwisata hingga penerbangan dapat kembali mencatatkan lonjakan pendapatan.

Rencananya pemberian 500.000 tiket gratis dari maskapai penerbangan lokal seperti Cathay Pacific, HK Express, dan Hong Kong Airlines akan mulai dibuka masyarakat untuk masyarakat umum mulai bulan Maret 2023 Sementara sisanya sekitar 80.000 tiket akan ditawarkan di musim panas mendatang.

Tak tanggung – tanggung untuk menyukseskan program ini, pemerintah Hong Kong turut menggandeng para pemilik bisnis lokal untuk memberikan pelayanan serta berbagai fasilitas kepada pengunjung.

Termasuk menyuguhkan minuman selamat datang secara gratis serta memberikan potongan atau diskon bagi pelancong yang ingin bersantap di lebih dari 100 restoran dan bar di seluruh kota Hong Kong.

Baca juga: Penduduk Hong Kong yang Bepergian ke China Tak Perlu Karantina dan Jalani Tes Covid Mulai 8 Januari

Meski pembatasan nol-Covid telah dicabut, namun penggunaan masker di setiap kegiatan kecuali olahraga masih diwajibkan pemerintah pusat, mereka juga diharuskan melakukan tes COVID-19 setibanya di bandara.

Selain itu jumlah pelancong harian yang akan datang ke Hong Kong juga akan dibatasi demi mencegah adanya lonjakan Covid di masa datang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini