News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Maksimalkan Ekspor Rumput Laut, Unit Pengolahan Ikan Buduran Mulai Beroperasi

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ilustrasi. Budidaya rumput laut

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Sulistiono

RIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) mengoperasionalisasikan Unit Pengolahan Ikan (UPI) Buduran, Sidoarjo untuk memaksimalkan potensi ekspor rumput laut.

"PPI berkomitmen mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam kegiatan operasional dan kapabilitas kepemilikan aset dalam mendukung kinerja ekspor,” ujar Direktur Utama PPI, Nina Sulistyowati dalam keterangannya, Selasa (20/6/2023).

Menurutnya, operasionalisasi UPI Buduran yang dilakukan oleh PPI, menjadi upaya penetrasi pasar dalam membuka peluang ekspor komoditas unggulan Indonesia yaitu rumput laut.

Baca juga: KKP Bangun Kawasan Budidaya Rumput Laut Modelling di Wakatobi yang Diklaim Lebih Ramah Lingkungan

UPI Buduran yang berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur, merupakan infrastruktur penunjang aktivitas pengolahan rumput laut yang dimiliki PPI untuk menjamin proses pengemasannya, sehingga mampu memberikan nilai tambah dalam mendukung ekspor komoditas rumput laut ke mancanegara lainnya.

“Fasilitas ini didukung oleh teknologi pengolahan rumput laut yang terintegrasi dan didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang kompeten, yang bertujuan menjamin kualitas komoditas rumput laut,” papar Nina.

Terkait peringatan HUT PPI ke-20, Nina menjelaskan PPI berusaha dapat menggandeng seluruh pemegang saham dan pemangku kepentingan untuk terus tumbuh mewujudkan ekosistem bisnis perdagangan logistik yang kuat dan berdaya saing global.

Baca juga: Hilirisasi Rumput Laut Digenjot di Perbatasan Indonesia-Malaysia

Selain operasionalisasi UPI Buduran, dalam merayakan HUT ke-20, PPI juga melakukan berbagai program kegiatan, di antaranya donor darah, bedah mitra Warung Pangan, dan tanam pohon bersama sebanyak 200 pohon yang dilakukan secara serentak di kantor pusat dan kantor cabang PPI.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini