News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Terbang ke Lebih Banyak Destinasi, Pelita Air Buka Rute Jakarta-Banjarmasin

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Seremoni inaugural flight Pelita Air rute baru Jakarta-Banjarmasin yang diterbangi menggunakan pesawat Airbus A320-200 berkapasitas 180 kursi kelas ekonomi, Kamis 1 November 2023.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelita Air terus menambah rute penerbangan domestiknya dengan menambah rute terbaru dari Jakarta ke Kota Banjarmasin di Kalimantan Selatan.

Banjarmasin dinilai memiliki potensi pasar yang menarik, baik dari segi jumlah penumpang potensial maupun permintaan perjalanan udara yang signifikan.

Pertimbangan lainnya, Kota Banjarmasin juga dapat menjadi penghubung untuk wilayah Tengah dan Timur Indonesia sehingga diharapkan rute penerbangan dapat memberikan layanan lebih luas kepada masyarakat.

Menurut Direktur Utama Pelita Air, Dendy Kurniawan, penerbangan perdana (inaugural flight) rute Jakarta-Banjarmasin telah dilakukan pada Rabu 1 November 2023 dan terbilang istimewa, karena untuk penerbangan kali ini Pelita Air menerapkan perhitungan offset atas carbon footprint yang dihasilkan.

“Pelita Air berkomitmen untuk menjalankan praktik penerbangan yang lebih hijau dengan menerapkan kebijakan karbon netral yang memungkinkan penerbangan ini untuk lebih berkelanjutan,” ungkap Dendy, dalam keterangan pers tertulis dikutip Kamis (2/11/2023).

Dendy menambahkan, kehadiran Pelita Air di Banjarmasin telah mempertimbangkan outlook performa rute penerbangan dan pertumbuhan demand penumpang.

Sebelumnya, Pelita Air telah memiliki 8 rute penerbangan domestik yakni Jakarta ke Bali, Yogyakarta, Surabaya, Balikpapan, Palembang, Padang, Pekanbaru dan Pontianak.

Baca juga: Airbus A320 ke-9 Pelita Air Tiba di Indonesia, Dua Unit Lainnya Menyusul di November

"Pelita Air akan terus hadir dalam kebangkitan pariwisata dan pembangunan ekosistem transportasi udara khususnya di Banjarmasin dan Provinsi Kalimantan Selatan,” kata Dendy.

Meskipun belum genap setahun sejak peluncuran penerbangan berjadwal perdana tahun lalu, respons yang sangat positif dari Pelita Air sudah mulai terefleksi dari load factor penerbangan-penerbangan Pelita Air.

Baca juga: Armada Ke-8 Airbus A320 Pelita Air Tiba di Indonesia, Tiga Pesawat Lagi Tiba Oktober-November

Dia menambahka, Pelita Air akan terus menambah destinasi-destinasi baru untuk mendukung konektivitas udara Nasional dengan pelayanan yang terbaik, tetapi tetap dengan harga tiket terjangkau.

Rute Jakarta-Banjarmasin diterbangi menggunakan pesawat Airbus A320-200 berkapasitas 180 kursi kelas ekonomi atau Silver Class yang terbang setiap hari dengan jadwal keberangkatan Jakarta-Banjarmasin pukul 10.30 WIB dan tiba pukul 13.30 WITA, Banjarmasin-Jakarta 14.10 WITA dan tiba 15.15 WIB dalam frekuensi satu kali penerbangan per hari.

Laporan reporter: Vina Elvira | Sumber: Kontan

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini