News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Soal Rencana Pembatasan BBM Subsidi, Kementerian BUMN Bilang Belum Ada Arahan

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan akan mengikuti arahan Pemerintah terkait pembatasan distribusi BBM subsidi yang menurut Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan akan direalisasikan dalam waktu dekat.

Pembatasan penjualan BBM subsidi semula dikabarkan akan mulai diberlakukan mulai 17 Agustus 2024. Namun sejumlah menteri memberikan bantahan.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menegaskan, dalam rencana pembatasan penjualan BBM subsidi tersebut, Pertamina hanya sebatas pelaksana.

Sementara, dari sisi regulator atau pembuat peraturan teknis terkait penyaluran BBM subsidi tersebut ada di tangan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Belum ada (arahan). Kami hanya melaksanakan apa yang dimintakan oleh regulator, dalam hal ini ESDM. Jadi Pertamina itu tidak menentukan," ungkap Arya di acara peresmian Vending Machine Produk UMKM di Kantor Perum Perhutani, Jakarta, Senin (15/7/2024).

Soal revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM Arya bilang Kementerian BUMN tidak mengetahui teknis revisi aturan yang dimaksud.

Baca juga: Ekonom: Pernyataan Luhut Soal Pembatasan Subsidi BBM Subsidi Dapat Timbulkan Panic Buying

Revisi Perpres 191/2014 ini nantinya juga akan mengatur Pertalite sebagai barang subsidi.

"Kami enggak mengerti, itu urusannya teman-teman di ESDM. Kami hanya menjalankannya saja. Setelah mereka buat kebijakan, ya sudah baru kami kerjakan. Semuanya by order dari mereka," pungkasnya.

Sebelumnya, Pemerintah berencana melakukan pembatasan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) subdisi.

Adapun rencana pemerintah membatasi pembelian BBM saat HUT ke-79 RI atau 17 Agustus 2024, dilontarkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut menyampaikan, pembatasan dilakukan agar penyaluran BBM subsidi lebih tepat sasaran.

Baca juga: Menteri ESDM: Tak Ada Pembatasan BBM Subsidi pada 17 Agustus 2024

Sehingga, lanjut dia, pemerintah bisa melakukan penghematan anggaran. Saat ini, ucap Luhut, PT Pertamina (Persero) tengah menyiapkan regulasi soal pembatasan tersebut.

"Kita berharap 17 Agustus ini kita sudah bisa mulai, di mana orang yang tidak berhak dapat subsidi itu akan bisa kita kurangi," ucap Luhut dalam video, dikutip Rabu (10/7/2024).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini