News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Keponakan Prabowo Jadi Anak Buah Sri Mulyani, Ekonom Harapkan Menkeu Selanjutnya dari Teknokrat

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pakar ekonomi turut menyoroti ditunjuknya Thomas Djiwandono menjadi Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II, oleh Presiden Joko Widodo.

Direktur Center of Eco­nomic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengungkapkan, alangkah baiknya penunjukkan pejabat di Kementerian Keuangan berasal dari profesional, alias teknokrat.

Sehingga diharapkan, saat Prabowo Subianto menjadi Presiden pada Oktober 2024 nanti, dapat menunjuk nama yang lebih profesional.

Baca juga: Thomas Djiwandono-Sudaryono Jadi Wamen, Jokowi Dinilai Pastikan Loyalis Prabowo Adalah Orangnya

"Idealnya tim Prabowo mempersiapkan sosok teknokrat untuk mengisi pos Menkeu ke depan yang memahami fiskal dan tantangan perekonomian," ucap Bhima saat dihubungi, Jumat (19/7/2024).

Sementara, terkait penunjukkan Thomas yang telah terjadi, Bhima menilai pengangkatan tersebut akan memberikan dampak negatif bagi perekonomian dalam negeri.

Hal ini lantaran, urusan fiskal negara tak boleh terpengaruh oleh kepentingan politik.

"Pengangkatan keponakan Prabowo atau kerabat dekat sekaligus bendahara umum Gerindra sebagai Wamenkeu akan menimbulkan sentimen negatif bagi perekonomian. Ini seolah nepotisme yang dinormalisasi persis era Orba," ungkap Bhima.

"Padahal kebijakan fiskal memainkan peran sentral dan seharusnya bersifat teknokratis menjaga jarak dari kepentingan politik apalagi keluarga," sambungnya.

Bhima melanjutkan, kurang wajar apabila tim transisi Pemerintahan baru sampai harus di-plot menjadi Wamenkeu era Jokowi.

"Ini juga terindikasi semacam trust issue dari sisi Prabowo karena tekanan APBN ke depan mungkin lebih berat sementara program prioritas Prabowo seperti makan siang gratis dan food estate harus diamankan pendanaannya," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati membeberkan tugas yang akan dikerjakan Thomas Djiwandono, usai dilantik sebagai Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II.

Baca juga: Thomas Djiwandono Ungkap Tugasnya sebagai Wamenkeu usai Dilantik Presiden Jokowi

Ia mengungkapkan, kehadiran Thomas di Kementerian Keuangan akan fokus dalam penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2025.

"Jadi kita memang sedang menyusun APBN 2025, fokusnya Mas Thomas akan ikut di dalam penyusunan RAPBN 2025 tersebut," ungkap Sri Mulyani di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini