News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pendapatan Per Kapita 21 Ribu Dolar AS, Menko Airlangga: Jakarta Sudah Lolos Middle Income Trap

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa Jakarta telah keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah atau middle income trap.

Ia mengatakan, pendapatan per kapita Indonesia di akhir tahun ini sekitar 5 ribu dolar Amerika Serikat (AS). Jakarta pendapatan per kapitanya sudah tembus 21 ribu dolar AS.

Baca juga: SOKSI Deklarasi Dukung Airlangga Hartarto Jabat Ketum Golkar Lagi, Ini Alasannya

"Kalau kita lihat sekarang Indonesia ini pendapatan per kapitanya di akhir tahun ini sekitar 5 ribu dolar. Kalau kita lihat per provinsi, Jakarta ini sudah lolos middle income trap. Jakarta pendapatan per kapitanya 21 ribu. Provinsi Jakarta ini sudah lolos middle income trap," kata Airlangga dalam acara BJ Habibie Memorial Lecture di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Selasa (23/7/2024).

Airlangga menyebut ada provinsi lain yang juga sudah lolos middle income trap berdasarkan pendapatan per kapita, yaitu Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Baca juga: Menteri Airlangga: Pemerintah Belum Bahas Wacana Kendaraan Bermotor Wajib Punya Asuransi

Jadi, ia menyimpulkan, jika ingin melihat bagaimana cara mengerek pendapatan per kapita suatu provinsi, bisa berpatokan di antaranya ke provinsi-provinsi tersebut.

"Sebetulnya kita bisa melihat berbagai provinsi di Indonesia sebagai contoh bagaimana kita bisa mengerek sebagian besar provinsi lain agar secara nasional kita bisa lolos middle income trap," ujar Airlangga.

Jika Indonesia bisa lolos middle income trap, kata Airlangga, di tahun 2045 nanti perekonomian RI bisa menjadi 9 triliun dolar AS.

Dengan penduduk Indonesia saat ini sekitar 270 juta orang dan pendapatan per kapita sekitar 5 ribu dolar AS, pada 2045 diproyeksikan bisa tumbuh hingga 320 juta orang dan pendapatan per kapita antara 26 ribu hingga 30 ribu dolar AS.

Baca juga: Minimalisir Dampak Kerugian Ekonomi, Menko Airlangga Ingatkan Antisipasi Bencana Secara Efektif

"Kalau itu kita tercapai, maka ekonomi kita adalah 9 triliun dolar AS," tutur Airlangga.

Ketua Umum Partai Golkar itu pun mengatakan, peringkat Indonesia di antara negara-negara G20 bisa naik dari 16 ke posisi empat.

"Sekarang kita menjadi anggota G20 rankingnya 16. Jerman itu 4 triliun dolar AS ekonomi. Jadi bayangkan kita itu sekitar 9 triliun dolar AS ekonomi," ucap Airlangga.

"Jadi Indonesia betul-betul menjadi empat besar, tetapi tentu ada syaratnya. Syaratnya adalah kita harus punya human resource yang kuat," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini