News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Lewat Pengembangan UMKM, Generasi Muda Berpotensi Ciptakan Lapangan Kerja

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Tiara Shelavie
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

UMKM - Generasi muda dinilai perlu memahami seluk-beluk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar berpeluang menciptakan lapangan pekerjaan.

TRIBUNNEWS.COM - Generasi muda dinilai perlu memahami seluk-beluk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Selain untuk menciptakan usaha sendiri, keberhasilan generasi muda mengembangkan UMKM akan berimbas pada terciptanya lapangan pekerjaan.

Hal itu diungkapkan pengusaha muda, Yasur Arafat dalam seminar UMKM dengan tema "Mahasiswa sebagai Motor Penggerak UMKM: Dari Ide ke Implementasi" yang diadakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh, Jumat (30/8/2024).

“Pemahaman tentang UMKM bagi generasi muda dapat memberikan wawasan bisnis yang mendukung ekonomi lokal," ungkapnya, dikutip dari keterangan tertulis.

Adapun acara ini, BEM FISIP Universitas Malikussaleh berkolaborasi dengan komunitas Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) Aceh.

Yasur Arafat mengatakan, melalui UMKM, generasi muda bisa mendapatkan banyak pelajaran berharga untuk meningkatkan kapasitas usahanya.

"Mengajarkan keterampilan manajemen usaha, keuangan, SDM, pemasaran, branding, public speaking, dan negosiasi bisnis," ujarnya.

Sementara itu, Mantan Ketua Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK), Dahlan Ar Rahman, mengatakan pentingnya komitmen dan nilai kebersamaan dalam bisnis.

Ia mengingatkan bahwa keberhasilan dalam bisnis memerlukan komitmen, sumber daya manusia, dan kebersamaan, bukan sekadar kemauan.

“Jika ingin memulai bisnis diperlukan komitmen, SDM, dan kebersamaan bukan hanya sekedar kemauan saja."

"Karena kebijakan dalam lingkungan dan kelompok dlm berbisnis dapat mempengaruhi keberhasilan dalam berbisnis," ungkapnya.

Baca juga: Dorong UMKM Kerajinan dan Seni Kriya Naik Kelas, BRI Dukung Gelaran Pameran Kriyanusa 2024

Adapun kegiatan ini diikuti ratusan peserta dengan tujuan memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa mengenai peran strategis mereka dalam pengembangan UMKM.

Kaprodi sekaligus dosen Administrasi Bisnis Unimal, Sufi, pada kesempatan itu menekankan pentingnya proses bagi seorang entrepreneur.

”Proses bagi seorang entrepreneur adalah hal yang sangat penting."

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini