News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ikut CAEXPO 2024 di China, UMKM Asal RI Kantongi Kesepakatan Transaksi Rp2 Miliar

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

UMKM asal Indonesia berpartisipasi dalam The 21st China ASEAN Expo 2024 (CAEXPO 2024) di China, pada 24–28 September 2024.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - UMKM yang berpartisipasi dalam The 21st China ASEAN Expo 2024 (CAEXPO 2024) di China, pada 24–28 September 2024 mencatat kesepakatan transaksi senilai Rp2 miliar.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, perseroan berkomitmen untuk mendukung pengembangan UMKM binaannya melalui program pelatihan, akses ke teknologi, dan jaringan pemasaran. 

“Diharapkan UMKM dapat meningkatkan daya saing dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Fadjar dalam keterangannya, Senin (30/9/2024).

Baca juga: UMKM Lokal Unjuk Gigi di Ajang MotoGP Mandalika 2024

Melalui partisipasi dalam pameran internasional, Pertamina berkomitmen untuk membantu UMKM Indonesia dalam mengoptimalkan potensinya dan memperluas akses pasar, baik nasional maupun internasional.

“Pertamina optimis bahwa UMKM binaannya akan terus tumbuh dan berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional,” pungkasnya.

Satu di antara pelaku UMKM yang hadir dalam pameran tersebut yaitu UMKM Bali Ayu Nature menjadi produk yang paling diburu pengunjung.

Salah satunya adalah Ding Wei, buyer besar Tiongkok hingga tercapai kesepakatan transaksi senilai lebih dari Rp 2 miliar untuk produk body mist dan diffuser. 

Selain itu terdapat 2 eksportir besar Tiongkok yang juga sangat berminat atas produk kecantikan Bali Ayu dan berencana membeli dalam partai besar. 

Kemudian, produk peralatan makan kayu dari UMKM Woodeco juga turut banyak diminati pengunjung selama pameran. Setidaknya ada tiga buyer besar Tiongkok yang berminat mendatangkan produk ini dalam skala besar.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini