News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

10 Tahun Pemerintahan Jokowi

Gen Z Puas Kinerja Jokowi

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2024 segera dibuka, simak data yang digunakan untuk mendaftar dan syarat lainnya.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Trestania Kambu, salah seorang mahasiswa Universitas Cenderawasih asal Papua berbunga-bunga hatinya saat itu. Raut wajahya memancarkan kebahagiaan saat dipastikan, ia bisa melanjutkan kuliah dan merasa terbantu melalui program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) Merdeka.

“Terima kasih Kemendikbudristek, terimakasih pak Presiden Jokowi. Saya sangat terbantu dengan KIP Kuliah Merdeka ini, apalagi saat ini saya hanya tinggal bersama ibu dan saudara kandung karena bapak sudah meninggal,” kata Trestania Kambu disela-sela acara Silaturahmi Merdeka Belajar yang ditayangkan secara virtual pada kanal YouTube Kemendikbud RI pada Kamis (24/3/2022).

Baca juga: Menhub: Indonesia Makin Dikenal Dunia, Pembiayaan Kreatif untuk Proyek Infrastruktur Mudah Didapat

Wakil Rektor Universitas Brawijaya, Abdul Hakim dalam kesempatan itu mengungkap tambahan biaya hidup dan UKT bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka dapat berdampak pada kenaikan nilai IPK mahasiswa.“Hasil evaluasi kami, secara akademik nilai IPK mahasiswa mengalami kenaikan hingga 3,5 bahkan prestasi non akademiknya juga ikut bagus,”ujar Abdul Hakim.

Trestania kemudian berpesan kepada para mahasiswa di Papua agar pantang menyerah untuk coba mengikuti program KIP Kuliah Merdeka.

 “Kita harus mandiri, kalau gagal maka kita harus terus mencoba,” Trestania menyemangati para mahasiswa lain. 

“Untuk teman-teman yang sudah menerima KIP Kuliah Merdeka, ayo kita semangat menjalani kuliah,” Oliver, Hotlas Silalahi salah seorang mahasiswa Politeknik Jakarta menimpali pernyataan Trestania.

Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah adalah salah satu program unggulan dari pemerintah di bidang pendidikan terus memberikan perhatian di bidang pendidikan. 

Program ini selaras dengan prioritas pemerintahan sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam pidato kenegaraan (20/10/2019) lalu, pembangunan kualitas sumber daya manusia Indonesia terutama saat memasuki era kemajuan teknologi dan informasi.

Baca juga: Terapkan Zero ODOL, Pemerintah Diminta Benahi Infrastruktur

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh Pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas/ SMA atau sederajat yang mempunyai potensi akademik yang baik tetapi terkendala dalam hal ekonomi. Pada tahun 2020 lalu pemerintah menargetkan sebanyak 400.000 penerima KIP Kuliah di seluruh Indonesia.

Rektor Universitas Nusa Nipa Indonesia, Dr.Ir. Angelinus Vincentius, M.Si menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang memberikan perhatian bagi mahasiswa di universitas yang ada di Nian Tanah Sikka. 

Diperhatikan melalui program beasiswa. Bantuan beasiswa sangat membantu mahasiswa dalam melanjutkan kuliah. Memotivasi dan mendorong mahasiswa terus belajar meraih masa depan.

"Kami sangat senang karena tidak ada lagi mahasiswa yang tidak mau melanjutkan kuliah karena alasan biaya. Pemerintah sudah siap beasiswa dan tinggal mahasiswa belajar hingga selesai," kata Rektor Angelinus.

Peneliti Lingkaran Survei Indonesia, Ardian Sopa mengungkap, dari hasil survei yang sudah dilakukan, sejumlah program Jokowi ternyata diketahui luas dan disukai. 

Sejumlah program Jokowi yang dikenal luas dan disukai antara lain; Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH), pembangunan infrastruktur, dana desa dan beras sejahtera (rastra). 

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini